Pencarian populer

Hidup Lebih Terorganisir dengan KonMari ala Marie Kondo

Marie Kondo dengan metode gaya hidup terorganisir KonMari. (Foto: Dok. KonMari)

Nama Marie Kondo mungkin masih menjadi nama asing bagi Anda. Namun memang, beberapa bulan belakangan ini, namanya tengah menjadi sorotan lantaran metode gaya hidup yang ia coba ajarkan dengan nama KonMari.

Marie Kondo dikenal sebagai 'tidying expert' atau dalam bahasa mudahnya, ia adalah seorang ahli beres-beres. Seperti julukannya, ia telah memiliki kebiasaan untuk selalu terorganisir dari usia belia dan menjadi konsultan bersih-bersih sejak berusia 19 tahun.

Dari kebiasannya tersebut, kini, ia menjadi seorang ahli yang membantu orang-orang di seluruh dunia untuk mentransformasi rumah mereka yang berantakan, menjadi ruang yang penuh kedamaian dan inspirasi.

Marie pun menerapkan metode bersih-bersih dengan nama KonMari. Sebuah metode yang mendorong seseorang untuk membersihkan berdasarkan kategori, bukan lokasi. Misalnya, dimulai dengan pakaian, kemudian buku, kertas, aksesori, hingga akhirnya, item yang sentimental atau bersifat pribadi.

Marie Kondo dengan metode gaya hidup terorganisir KonMari. (Foto: Dok. KonMari)

KonMari juga membuat seseorang untuk hanya menyimpan barang-barang yang 'berbicara' ke dalam hati mereka. Kemudian, membuang hal-hal yang tidak lagi memicu kebahagiaan-- berterimakasih atas 'pelayanan' barang tersebut, dan membiarkannya pergi.

Seperti yang tertulis pada situs resmi KonMari, Marie Kondo menggunakan sebuah tagline: It's about choosing joy, atau memilih kebahagiaan.

KonMari memiliki enam peraturan dalam hal bersih-bersih, yakni:

1. Berkomitmen pada diri sendiri untuk bersih-bersih

2. Mengimajinasikan gaya hidup yang paling ideal bagi diri Anda

3. Selesaikan dengan membuang barang-barang tak diperlukan terlebih dahulu

4. Bersihkan sesuai kategori, bukan lokasi

5. Ikuti dengan alur yang tepat

6. Tanya pada diri sendiri, apakah barang yang dipilih membawa kebahagiaan pada diri Anda

Marie Kondo dengan metode gaya hidup terorganisir KonMari. (Foto: Dok. KonMari)

Metode KonMari ini semakin populer dan banyak dicoba oleh berbagai kalangan berkat serial televisi di Netflix yang berjudul 'Tidying Up with Marie Kondo'.

Acara televisi yang telah tayang sejak 1 Januari lalu ini terdiri dari delapan episode yang memperlihatkan Marie mendatangi berbagai keluarga dan membantu para pemilik rumah mentransformasi rumah berantakan mereka yang dipenuhi barang, menjadi sebuah ruang nyaman, bersih, dan rapi.

Sebenarnya, jauh sebelum serial televisi Netflix ini hadir, Marie telah menulis buku best-seller yang berjudul 'The Life Changing Magic of Tidying Up'. Buku tersebut juga dinobatkan sebagai #1 New York Times Best-selling Book. Namun, tentu saking menariknya, akhirnya Netflix mengangkat buku tersebut menjadi sebuah serial televisi yang emosional dan menginspirasi.

Marie Kondo dengan metode gaya hidup terorganisir KonMari. (Foto: Dok. KonMari)

Berkat kiprahnya di dunia 'bersih-bersih', Marie sendiri telah menghadiri berbagai acara televisi terkenal di Jepang dan mengisi laman-laman majalah terkemuka, seperti Time Magazine, The New York Times, The Wall Street Journal, Vogue Magazine, hingga acara the Ellen Show.

Tak sampai di situ, Marie Kondo juga pernah masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh versi Time Magazine.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik untuk menerapkan metode hidup terorganisir ala Marie Kondo dengan KonMari?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38