kumparan
30 Sep 2018 9:20 WIB

Infografik: 84 Persen Perempuan Indonesia Tidak Sadar Dirinya Cantik

Infografik tentang kecantikan di mata perempuan Indonesia (Foto: Basith S.)
Turut merayakan keberagaman kecantikan perempuan Indonesia dan mendukung terciptanya lingkungan yang positif dan inklusif, Dove membuat gerakan kampanye bertajuk #CantikSatukanKita.
ADVERTISEMENT
Sebagai bagian dari kampanye ini, Dove juga membagikan hasil riset Indonesia Beauty Report 2017 yang dilakukan terhadap 300 perempuan Indonesia. Riset tersebut membahas tentang pandangan perempuan mengenai kecantikan.
Hasil riset menunjukkan bahwa 84 persen dari perempuan Indonesia mengaku tidak menyadari betapa cantiknya diri mereka, 72 persen masih percaya bahwa untuk mencapai kesuksesan perempuan harus memenuhi standar kecantikan tertentu, dan 58 persen percaya bahwa kesuksesan bisa diraih berdasarkan penampilan.
Hasil riset Indonesia Beauty Report 2017 dari Dove (Foto: Basith S.)
Adanya media sosial ternyata tidak hanya membawa dampak positif, tetapi dampak negatif juga. Pada riset yang sama, media sosial membuat 38 persen perempuan Indonesia suka membandingkan diri dengan orang lain yang membuat mereka mengalami krisis kepercayaan diri.
Selain itu, hasil riset juga menunjukkan 92 persen perempuan Indonesia setuju bahwa setiap perempuan memiliki kecantikan yang berbeda-beda dan 86 persen setuju bahwa perempuan dapat tampil cantik di usia berapapun.
ADVERTISEMENT
Riset tersebut menyimpulkan bahwa masih banyak perempuan yang meragukan kecantikannya sendiri karena adanya standar kecantikan tertentu. Dan hal itu terbukti menghambat perkembangan potensi diri para perempuan dan membuat mereka rentan terhadap perundungan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan