Pencarian populer

Ingin Punya Rambut Panjang, Tebal, dan Sehat? Lakukan 6 Cara Ini

Rambut tebal, panjang, dan sehat milik Sofia Vergara. (Foto: VALERIE MACON / AFP)
Setiap perempuan pasti mendambakan rambut yang tebal, kuat, dan sehat. Untuk mendapatkannya, banyak sekali perawatan yang rela kita lakukan.
ADVERTISEMENT
Mulai dari gonta-ganti sampo dan kondisioner, mencoba masker rambut, memakai vitamin, serum, hair spa; semua dilakukan demi mendapatkan rambut yang indah dan sehat.
Ternyata perawatan itu saja tidak cukup untuk bisa membuat rambut panjang dan tebal dalam waktu singkat. Dibutuhkan serangkaian perawatan untuk bisa memilikinya.
Untuk mengatasinya, kumparanSTYLE telah merangkum enam cara dari trichologist, pakar rambut dan kulit kepala, serta celebrity hairstylists yang dilansir dari Harper’s Bazaar, agar rambut bisa lebih sehat, cepat panjang, dan tebal. Apa saja?
1. Memilih Makanan
Menurut Michelle Blaisure, Product and Technical Specialist and Certified Trichologist untuk Bosley Professional Strength, diet dengan mengutamakan makan makanan yang mengandung lemak sehat adalah hal paling penting untuk dipertimbangkan jika Anda ingin rambut yang tebal dan sehat.
ADVERTISEMENT
“Pastikan Anda mendapatkan banyak protein berkualitas dan lemak baik, seperti minyak zaitun dan Omega 3,” tutur Michelle Blaisure.
Perbanyak konsumsi salmon, alpukat, kacang, sayuran, dan buah untuk mendapatkan semua nutrisi penting yang diperlukan untuk menumbuhkan rambut yang lebih kuat.
Salad alpukat (Foto: Shutter Stock)
2. Gunakan Sampo dan Kondisioner yang Tepat
Setiap orang tentu memiliki produk spesifik yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan rambut mereka masing-masing.
Jenny Balding, Senior Stylist dari Cutler salon mengatakan, perempuan yang memiliki rambut halus harus mencari sampo dan kondisioner yang mengandung formula untuk menambah volume rambut. Tujuannya agar rambut tampak tebal dan berkilau.
Bagi yang memiliki rambut kasar, usahakan untuk memilih produk yang dapat membuat rambut mudah diatur dan kaya akan moisturizer.
L'Oreal Smooth-Intense Anti-Frizz Shampoo (Foto: dok. L'Oreal)
3. Rawat Mulai dari Kulit Kepala
ADVERTISEMENT
Menurut Blaisure, kulit kepala kaya akan kandungan mikrobioma dari bakteri dan jamur yang berfungsi untuk menjaga kulit kepala dan rambut yang baru tumbuh agar tetap sehat.
Ketika Anda tidak keramas secara teratur atau memakai bahan kimia berbahaya pada rambut, akan timbul permasalahan pada kulit kepala. “Kulit memiliki fungsi imun dan perlindungan pertama terhadap racun yang disebabkan oleh lingkungan. Saat kulit kepala dalam keadaan yang tidak sehat, maka kulit kepala tidak akan lagi bisa melindungi bagian dalam rambut,” tutur Blaisure.
Untuk merawatnya, Anda harus menjaga keseimbangan antara pelembap dan minyak alami pada kulit kepala.
Rambut Kering Tidak Boleh Sering Dikeramas (Foto: Thinkstock)
4. Konsumsi Vitamin yang Tepat
Mengkonsumsi multivitamin dan suplemen rambut bisa menghasilkan perubahan yang signifikan pada kesehatan rambut.
ADVERTISEMENT
Blaisure mengatakan bahwa vitamin, mineral, dan lemak acid sangat dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan memiliki folikel rambut yang sehat.
Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan seperti bioavailable keratin, Omega 3, dan ekstrak labu.
Perfectil Vitamin Kulit, Rambut, dan Kuku (Foto: dok. Amazon UK)
5. Hindari Alat Panas pada Rambut
Hair dryer dan catokan telah menjadi alat utama bagi perempuan untuk menata rambut. Namun jika menginginkan rambut yang benar-benar sehat, Anda harus mulai berhenti menggunakannya.
Jenny Balding menyarankan, jika Anda sulit untuk meninggalkan peralatan tersebut, Anda harus memakai produk-produk pelindung panas pada rambut sebelum mencatok atau mengeringkan rambut.
Kiehl’s Heat-Protective Silk Straightening Cream (Foto: dok. Kiehl's)
6. Rajin Menyisir Rambut
Menurut Blaisure, menyisir rambut dengan benar secara teratur bisa memberikan efek ketebalan yang berbeda pada rambut.
Karena menyisir rambut ternyata dapat menambah kandungan minyak alami pada rambut yang bisa membuat rambut lebih berkilau dan melindungi rambut dari kerusakan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, menyisir rambut setiap hari juga akan membantu mengeksfoliasi kulit kepala dan menghilangkan rambut mati. Oleh karena itu, Anda harus memilih sisir yang tepat sesuai dengan fungsi dan jenis rambut Anda.
Ilustrasi perempuan menyisir rambut. (Foto: Shutterstock)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80