kumparan
11 Nov 2018 16:10 WIB

Tips Memilih Masker Rambut Sesuai dengan Jenis Rambut

Minyak alpukat berkhasiat untuk menutrisi rambut. (Foto: Thinkstockphotos)
Masker rambut adalah produk kecantikan yang penting untuk menjaga kesehatan rambut. Berbagai bahan yang terkandung dalam masker rambut memang telah diformulasikan untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari, polusi dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Tak dapat sembarang memililh produk masker rambut, Anda juga perlu menyesuaikan jenis rambut dengan masker rambut yang akan Anda pilih untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pemakaian masker rambut. Hal ini diuraikan oleh stylist Justine Marjan yang telah menangani kebutuhan rambut dari sederet selebriti dunia seperti keluarga Kardashian, Chrissy Teigen, Jenna Dewan dan lain-lain.
Melansir Cosmpolitan, menurut Justine Marjan, berikut hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih masker rambut sesuai dengan jenis rambut.
1. Rambut Kering
Jojoba Oil (Foto: Pixabay)
"Bagi Anda yang memiliki rambut kering, sebaiknya pilih masker dengan bahan-bahan berbasis minyak karena dapat memberi kelembapan pada rambut,"ujar Marjan.
Menurut Marjan, Anda dapat memilih masker rambut yang memiliki kandungan minyak yang ringan seperti jojoba oil dan wijen yang cocok untuk jenis rambut yang tipis dan halus cenderung kering. Sementara kandungan minyak kelapa dan shea dapat menghidupkan ujung akar rambut yang kering.
ADVERTISEMENT
2. Rambut tipis
Kandungan moisturizer yang tinggi menjadi asupan yang penting bagi Anda si pemilik rambut tipis. Masker rambut dengan kandungan gandum dapat menjadi pilihan yang tepat karena dapat menyeimbangkan pH rambut. Selain itu, kandungan biotin dan protein beras dalam masker rambut juga amat bermanfaat bagi rambut tipis.
3. Rambut keriting
Minyak zaitun (Foto: Thinkstock)
"Secara alami, rambut keriting memiliki kondisi yang lebih kering ketimbang rambut lurus. Alhasil kandungan seperti kelapa, daun jarak, zaitun dan marula baik untuk menghidrasi rambut keriting," papar Marjan. Menurut Marjan, keempat kandungan tersebut dapat merawat bentuk keriting rambut Anda serta melindungi dan memperkuat rambut secara bersamaan.
4. Rambut berminyak
Merawat rambut yang cenderung berminyak memang gampang-gampang susah. Bahkan jika memilih masker rambut yang tidak sesuai dengan rambut, kondisi rambut yang berminyak akan semakin parah. Oleh karena itu, memilih masker rambutt yang mengandung cuka apel dapat menjadi pilihan yang tepat karena dapat menyeimbangkan pH. Sehingga produksi minyak pada rambut dapat terkontrol.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Marjan juga menyarankan sebelum mengaplikasikan masker rambut baiknya menggunakan handuk kering yang lembut untuk mengeringkan rambut yang sudah dikeramasi secara perlahan. Kemudian oleskan masker sesuai petunjuk yang tertera dalam kemasan dan gunakan sisir bergerigi lebar untuk menyisir rambut. Untuk intensitas pemakaian masker rambut, bagi rambut yang cenderung halus dan berminyak sebaiknya cukup menggunakan masker rambut seminggu sekali. Sedangkan untuk pemilik rambut kering, rusak dan kasar menggunakan masker rambut rutin selepas keramas tidak masalah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·