kumparan
3 Mei 2017 16:16 WIB

Ini 5 Homeschooling yang Bisa Jadi Alternatif Pilihan Para Orang Tua

Ini dia homeschooling terbaik Jakarta. (Foto: Thinkstock)
Memutuskan untuk menempuh pendidikan homeschooling memang gampang-gampang susah. Jika menempuh pendidikan homeschooling, semuanya memang terkesan lebih mudah.
ADVERTISEMENT
Anak tak perlu repot bangun pagi dan buru-buru berangkat ke sekolah. Orangtua juga tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli seragam dan transportasi anak.
Selain itu, jam belajar anak juga sangat fleksibel dan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Terdengar amat menyenangkan?
Tapi, tunggu dulu. Bagi orangtua yang mendaftarkan anaknya ke homeschooling, hal ini bisa berubah jadi pedang bermata dua jika tidak berhati-hati. Salah-salah, pendidikan anak bisa jadi terbengkalai karena kurangnya komitmen kedua belah pihak.
Untuk menyiasati hal ini, berbagai lembaga homeschooling yang menyediakan jasa kurikulum dan guru tambahan pun bermunculan bak jamur di musim hujan. Agar tak bingung, kumparan menyediakan sederet daftar homeschooling terbaik di Jakarta yang bisa kamu jadikan pilihan!
ADVERTISEMENT
1. Kak Seto Homeschooling
Loading Instagram...
Homeschooling ini didirikan oleh Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si., atau lebih dikenal sebagai Kak Seto. Kamu bisa menemukan jenjang pendidikan yang cukup lengkap di sini.
Mulai dari kelas satu SD hingga tiga SMA, kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KSHS juga terakreditasi A.
Tak hanya sekedar pendidikan sesuai kurikulum, KSHS juga menyediakan ekstrakurikuler, lho. Misalnya kelas fotografi bagi anak yang memiliki minat untuk mengabadikan momen, serta aneka kegiatan seni lainnya. Juga ada ORKES (Organisasi Kreativitas Siswa) yang dikelola oleh siswa dan Tutor Penanggung Jawab.
Kamu bisa menemukan KSHS di Jalan Taman Makam Bahagia ABRI No. 3A, Parigi Lama, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten.
ADVERTISEMENT
2. Primagama Homeschooling
Loading Instagram...
Ini merupakan salah satu homeschooling dengan jaringan terbesar di Indonesia. Tersebar di berbagai belahan Jakarta, Yogyakarta, Bali, Banten, Riau, hingga Sumatera.
Homeschooling ini menggunakan dua tipe pendekatan terhadap siswanya. Yaitu pendekatan psikologis dan akademik. Minat, bakat, dan gaya belajar anak jadi fokus utama disini.
Loading Instagram...
Primagama memiliki tiga tipe kurikulum yang bisa dipilih. Kurikulum Nasional (Ujian Nasional), Kurikulum Internasional (Cambridge International Examination), dan Kurikulum ABK yang disesuaikan dengan kebutuhan anak.
Kamu bisa menemukan kantor cabang Primagama di berbagai wilayah. Salah satunya di jalan Tebet Timur III B No.15, RT.5/RW.7, Jakarta Selatan.
3. Sinergia Homeschooling
Loading Instagram...
Sinergia Homeschooling merupakan homeschooling yang memungkinkan siswa dari berbagai wilayah di Indonesia dan dunia untuk mengikuti kurikulumnya, alias borderless. Tak hanya siswa normal, Sinergia juga bisa dijadikan pilihan bagi siswa berkebutuhan khusus alias autis, ADHD, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Ada pilihan Kurikulum Nasional, Bilingual, dan Internasional yang menggunakan Cambridge International Examination. Kamu bisa bebas memilih ingin mengikuti homeschooling kelas atau grup, tutor yang datang ke rumah, atau bahkan distance learning atau sekolah jarak jauh (online). Materi pelajaran pun amat beragam. Mulai dari seni, tata boga, olahraga, berkebun, dan sebagainya.
Kamu bisa menemukan Sinergia Homeschooling di Gedung STC Senayan Lantai II no. 51, jalan Asia Afrika Senayan Jakarta Selatan.
4. Fikar Homeschooling
Loading Instagram...
Dr. Seto Mulyadi, Psi, M. Psi jadi salah satu Dewan Pembina Fikar School. Tak hanya pendidikan formal, mental dan spiritual juga amat penting di Fikar Homeschooling.
Nilai kepempimpinan, agama, dan entepreneur jadi tiga hal yang ditekankan di homeschooling yang satu ini. Juga ada ekstrakurikuler musik, olahraga, dan seni yang bisa diikuti oleh anak. Intinya, anak bisa mengembangkan talenta sesuai dengan passion masing-masing.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Akan ada tes bakat, sesi sharing, dan observasi jika berada di Fikar School. Jika berminat, homeschooling ini berada di Komplek Puri Flamboyan Pesona E-3 No.8, Rempoa, Tangerang Selatan.
5. Kasih Anugerah Homeschooling
Di sini, ada tiga tipe kelas homeschooling yang bisa kamu pilih. Ada Homeschooling Tutorial, Homeschooling Klasikal, dan Homeschooling Mandiri.
Untuk tutorial, guru tutor akan datang ke rumah si anak untuk mengajari langsung. Homeschooling Klasikal lebih mirip dengan sekolah formal, yaitu siswa datang langsung ke sekolah. Namun jumlah siswa tetaplah tidak sebanyak sekolah formal. Siswa hanya harus datang setiap Selasa dan Rabu.
Sedangkan untuk Homeschooling Mandiri, siswa belajar sendiri didampingi oleh orangtua. Bahan pelajaran akan dikirimkan secara berkala ke rumah siswa.
ADVERTISEMENT
Kasih Anugerah Homeschooling diperuntukkan bagi siswa SD hingga SMA, dengan jurusan IPA dan IPS. Soal biaya, orangtua diwajibkan membayar uang pangkal sebesar Rp 2,2 juta. Sedangkan uang sekolah setiap bulannya bervariasi, tergantung kelas yang diambil. Mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta.
Penasaran? Kamu bisa langsung menyambangi Kasih Anugerah Homeschooling di jalan Pelopor Blok P1 No. 10, Menceng Tegal Alur, Jakarta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·