kumparan
27 Mei 2017 7:02 WIB

Cara Menghindari Kalap Makan saat Buka Puasa Pertama Kali

Hidangan buka puasa di Hotel Raffles (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Waktu berbuka puasa sering dijadikan sebagai ajang 'balas dendam' oleh orang-orang untuk melampiaskan rasa lapar dan haus mereka setelah 14 jam berpuasa.
ADVERTISEMENT
Apalagi jika menu takjil di hadapan kamu bervariasi, seperti kolak, gorengan, dan es buah. Hal ini tentu semakin membuat kamu terobsesi untuk makan banyak makanan.
Untuk itulah, agar tidak makan secara berlebih, kumparan (kumparan.com) menyiapkan beberapa tips untuk kamu coba. Yuk, simak tips berikut ini:
1. Jangan Lewatkan Sahur
Atur Waktu Alarm Sahur (Foto: Thinkstock)
Makan sahur sangat penting untuk kelangsungan puasa kamu. Jika tidak, kamu akan cepat merasa lapar dan kalap saat berbuka puasa.
Ahli Gizi Leona Victoria, menyarankan agar orang-orang tidak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana untuk mencegah perut terasa cepat lapar saat puasa.
"Kalau terbiasa mengonsumsi nasi putih, bisa ditambah dengan sayur-sayuran dan protein rendah lemak agar lebih tahan lama rasa kenyangnya," ujar Leona saat dihubungi kumparan (kumparan.com) beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
2. Rencanakan Menu Buka Puasa
Takjil Daerah Sebagai Menu Buka Puasa (Foto: Thinkstock)
Rencanakanlah untuk membeli takjil sebagai menu buka puasa saat kamu usai pulang bekerja. Hal ini bisa membantu menghidari makan secara berlebuh saat berbuka puasa. Usahakan memilih takjil yang sehat dan tidak berlemak.
3. Awali Buka Puasa Dengan Air Putih
Ada saat yang tidak tepat untuk minum air. (Foto: Thinkstock)
Sebelum memulai makan, kamu bisa minum air putih untuk menghindari makan terlalu banyak saat berbuka puasa. Minum air putih dipercaya dapat menetralisir tubuh dari keinginan rasa lapar yang tinggi.
4. Makanlah Makanan yang Mengandung Gizi Seimbang
Konsumsi makanan sehat saat berpuasa. (Foto: Thinkstock)
Saat berbuka puasa, perhatikan juga asupan karbohidrat yang kamu konsumsi. Kamu bisa mengurangi sedikit porsi nasi putih atau mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih sehat.
Jika merasa kurang kenyang, kamu bisa bisa menambahkan porsi sayuran atau lauk tinggi protein pada menu berbuka puasa, seperti tahu, tempe, ayam panggang, atau pepes.
ADVERTISEMENT
5. Istirahat yang Cukup
Tidur siang untuk melepas penat (Foto: Thinkstock)
Kurang tidur diyakini membuat tubuh terprogram untuk ingin makan lebih banyak, sehingga kamu perlu waktu yang cukup untuk beristirahat. Selama bulan Ramadhan, diyakini bahwa tidur merupakan bagian dari ibadah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·