Pencarian populer

Kisah di Balik Gaun Putri Diana yang Dilelang Seharga Rp 1 Miliar

Gaun Putri Diana (1986) (Foto: dok.Princess Diana Forever)

Salah satu gaun bersejarah dan ikonis milik Putri Diana siap dilelang di rumah lelang Kerry Taylor di Bermondsey, London Selatan pada 10 Desember mendatang. Gaun tersebut pernah dikenakan sang putri dalam kunjungan kerajaan ke Bahrain pada 1986.

Ini bukanlah gaun pertama Putri Diana yang akan dilelang. Melansir The Telegraph, pada 2016 lalu terdapat tiga gaun milik Putri Diana lainnya yang juga dilelang.

Namun, dibandingkan gaun lainnya terdapat kisah unik yang meliputi gaun sutra berwarna putih gading ini.

Gaun Putri Diana akan dilelang mencapai Rp 1 Miliar (Foto: dok.Twitter @101morefm)

Melansir Marie Claire, gaun berwarna putih gading ini telah sempat berpindah tangan beberapa kali. Pada tahun 1994 gaun tersebut didonasikan ke toko barang bekas di Hereford oleh pengurus rumah dari real Mynde Park, di mana teman dekat Diana, Caroline Twiston-Davies tinggal. Kemudian gaun tersebut terjual seharga 200 poundsterling atau setara dengan Rp 3,6 juta kepada seorang perempuan yang tidak mau diungkapkan identitasnya.

Perempuan yang membeli gaun itu adalah pekerja paruh waktu di toko tersebut. Ia berencana mengenakan gaun itu untuk menghadiri suatu pesta dansa. Namun, sayang ia tidak pernah melakukannya.

Perempuan tersebut tahu bahwa gaun itu milik mendiang Putri Diana. Namun menurut pengakuannya saat itu ia tidak menyadari betapa "pentingnya" gaun tersebut.

Barulah setelah melihat rekaman pers dan film dokumenter tentang Putri Diana dalam beberapa tahun terakhir, perempuan tersebut menyadari betapa berharganya gaun yang ia simpan di lemarinya selama bertahun-tahun.

Putri Diana dan Pangeran Charles dalam kunjungan Kerajaan ke Bahrain (1986) (Foto: dok.Princess Diana Forever)

Dilansir Independent, gaun dengan aksen kipas dipundak tersebut dikenakan Diana saat mendampingi Pangeran Charles selama kunjungan Kerajaan Inggris di negara teluk. Gaun tersebut merupakan rancangan David & Elizabeth Emanuel yang juga perancang gaun pernikahan Putri Diana.

Selain itu, gaun tersebut juga dilengkapi dengan surat dari sang perancang yang menegaskan bahwa gaun mewah itu adalah karyanya yang dipesan oleh Putri Diana untuk kunjungan ke Bahrain tahun 1986.

Gaun sutra gading yang elegan ini dilengkapi fitur korset, bertahtahkan kristal, dan hiasan tali di salah satu bahu. Serta dilengkapi sulaman dari Hand & Lock, yang juga membuat sulaman untuk tudung kepala pengantin Sang Putri.

Putri Diana dan Pangeran Charles dalam kunjungan Kerajaan ke Bahrain (1986) (Foto: dok.Princess Diana Forever)

Rumah lelang Kerry Taylor Auctions di Bermondsey pun dikabarkan akan melelang gaun bersejarah rancangan David & Elizabeth Emanuel itu pada 10 Desember dengan kisaran harga 80 ribu hingga 100 ribu poundsterling atau setara dengan Rp 1,4 hingga Rp 1,8 miliar.

Menurut staf dari rumah lelang Kerry Taylor Auctions, seperti dikuti marie claire, meskipun terdapat jutaan penggemar Putri Diana di dunia, namun hanya sedikit sekali orang yang memiliki dana untuk membeli gaun seperti ini. Namun mereka tetap berharap gaun ini akan ditawar dengan harga pas karena selain kondisi gaun yang masih sangat baik, ini adalah gaun yang sangat bersejarah sehingga diharapkan akan mendapatkan harga yang pantas.

Anda tertarik untuk ikut menawar gaun cantik milik mendiang Putri Diana ini?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23