kumparan
22 Okt 2018 19:01 WIB

Lakukan 6 Cara Ini Agar Rambut Lebih Cepat Panjang

Memanjangkan rambut membutuhkan cara perawatan yang maksimal. (Foto: Shutterstock)
Memiliki rambut panjang, sehat dan berkilau merupakan impian bagi sebagian besar perempuan. Untuk mendapatkannya, Anda harus mulai memberikan perhatian khusus pada rambut.
ADVERTISEMENT
Menurut Mark Townsend dan Francois, dua hairstylist selebriti Hollywood ternama, bagi seseorang yang ingin memiliki rambut panjang, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pemilihan produk, asupan nutrisi, hingga pemilihan sarung bantal untuk tidur.
Agar Anda bisa mendapatkan rambut panjang impian, berikut enam cara khusus untuk memanjangkan rambut dari para ahli seperti dilansir Vogue:
1. Memotong ujung rambut secara rutin
Ilustrasi potong rambut. (Foto: Thinkstock)
Terlalu sering mengeringkan rambut, memakai catokan, dan juga perubahan iklim bisa membuat rambut Anda bercabang. Oleh karena itu jika ingin memiliki rambut panjang yang sehat, usahakan Anda memotong ujung rambut kira-kira 10 cm secara rutin untuk menghilangkan rambut bercabang.
2. Gunakan tonic pelindung rambut sebelum keramas
Keramas seminggu sekali lebih sehat. (Foto: Thinkstock)
Keramas merupakan hal mendasar yang harus dilakukan semua orang untuk membersihkan dan menjaga kesehatan rambut. Namun jika Anda ingin memanjangkan rambut, ada cara tersendiri yang harus diperhatikan.
ADVERTISEMENT
Menurut Mark Townsend, aplikasikan tonic pelindung rambut dan diamkan selama 10 menit sebelum keramas. Langkah tersebut berfungsi untuk mempertahankan kelembapan rambut. Lakukan juga pemijatan pada kulit kepala saat keramas untuk merangsang pertumbuhan rambut.
3. Lakukan perawatan dengan kondisioner
Sering menggunakan kondisioner (Foto: Thinkstock)
Semua hairstylist dan perempuan pasti setuju jika kondisioner merupakan perawatan wajib yang harus diberikan kepada rambut. Namun terkadang, masih banyak yang salah saat mengaplikasikannya.
Menurut Francois, gunakan conditioner dari tengah rambut hingga ke ujung rambut. Aplikasikan lebih banyak di ujung rambut karena itu adalah bagian rambut yang paling lama dan paling kering.
4. Perhatikan menu diet
Ilustrasi vegetarian. (Foto: Thinkstock)
Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga merupakan nutrisi yang akan diserap oleh rambut. Jika Anda sedang menjalani diet, pastikan makanan yang Anda konsumsi juga cukup untuk memberi asupan bagi rambut.
ADVERTISEMENT
Menurut nutrisionis dari Manhattan, Maria Marlowe, mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, vitamin C, vitamin B, dan omega-3 dapat membuat rambut menjadi lebih kuat dan lebih cepat panjang.
5. Gunakan suplemen rambut
Produk untuk Perawatan Rambut (Foto: Kerastase, L'Occitane, L'Oreal, Percy & Reed)
Maria Marlowe menyarankan agar Anda memilih suplemen yang mengandung ch-OSA. Sebuah mineral penting yang telah terbukti secara klinis dapat meningkatkan ketebalan rambut, membuatnya lebih kuat dan berkilau.
6. Tidur di atas bantal berbahan sutra
Ilustrasi perempuan tidur (Foto: Shutterstock)
Tidak hanya produk dan cara perawatan yang harus diperhatikan, ternyata sarung bantal yang Anda gunakan juga harus diperhatikan untuk mendapatkan rambut panjang dan sehat.
Menurut Townsend, sarung bantal berbahan katun dapat menyerap seluruh kelembapan rambut selama Anda tidur. Oleh karena itu ia menyarankan agar Anda tidur menggunakan bantal dengan sarung berbahan sutra.
ADVERTISEMENT
Bahan tersebut mampu mempertahankan kelembapan dan mengurangi gesekan antar rambut yang bisa menyebabkan kerusakan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·