kumparan
31 Okt 2017 12:06 WIB

Lezatnya Ayam Taliwang, Kuliner Khas Lombok yang Menggoda Lidah

Kuliner khas Lombok. (Foto: afrianto/kumparan)
Pulau Lombok memang dikelilingi oleh hamparan pantainya yang memikat. Meski kaya akan wisata bahari, namun siapa sangka makanan khasnya justru tidak terbuat dari ikan laut.
ADVERTISEMENT
Ya, aneka hidangan seafood pasti akan kamu temukan saat berkunjung ke Lombok. Namun, meskipun berlimpah, bukan seafood justru yang menjadi primadona.
Adalah ayam taliwang, satu dari sekian banyak hidangan khas Lombok yang paling populer. Bagaikan primadona, hampir seluruh rumah makan di pulau ini menyediakan sajian ayam taliwang.
Kuliner khas Lombok (Foto: Jafrianto/kumparan)
Berkesempatan untuk mengunjungi Pulau Lombok, kumparan (kumparan.com) tidak lupa menyambangi salah satu rumah makan yang ada di kota Mataram untuk mencicipi nikmatnya ayam taliwang. Dari sekian banyak rumah makan yang menyediakan sajian ini, pilihan pun jatuh ke rumah makan Dapur Bale Bamboo yang berada di kawasan Rembiga, Mataram.
Suasana teduh nan asri menyelimuti santap malam kumparan. Gubuk makan yang beratapkan jerami dan bertiang bambu menjadi pemandangan segar yang ditawarkan oleh rumah makan ini.
Restoran Dapur Bale Bamboo, Lombok (Foto: Jafrianto/kumparan)
Aneka hidangan khas Lombok bisa kamu temukan di sini, mulai dari ayam taliwang yang menjadi unggulan, plecing kangkung, serta ikan nila bakar asam manis yang menggugah. Dan tak ketinggalan, beragam pilihan sambal juga ikut disajikan di sini.
Restoran Dapur Bale Bamboo, Lombok (Foto: Jafrianto/kumparan)
Lombok memang identik dengan semua hidangan yang bercitarasa pedas. Tetapi, rumah makan ini justru menjadikan seporsi ayam taliwang dengan rasa pedas yang tak begitu terasa. Hal ini dikarenakan agar semua kalangan, baik yang suka dan tidak suka pedas bisa ikut menikmatinya.
ADVERTISEMENT
Meskipun demikian, bagi kamu yang menyukai pedas tak perlu khawatir. Rumah makan ini juga menyajikan beragam pilihan sambal khas Lombok yang bisa menambah citarasa pedas yang kamu inginkan.
Kuliner khas Lombok (Foto: Jafrianto/kumparan)
Saat makanan yang kumparan pesan datang, terlihat ayam taliwang disajikan dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang. Sungguh mampu meningkatkan nafsu makan kumparan.
Dimasak cukup lama, tekstur ayam menjadi sangat lembut dan menyatu dengan bumbu yang terbuat dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, dan terasi itu. Seporsi nasi hangat tentu menjadi teman bersantap yang paling tepat untuk menikmati ayam taliwang.
Kuliner khas Lombok (Foto: Jafrianto/kumparan)
Kumparan juga mencicipi hidangan khas Lombok lainnya, yaitu plecing kangkung. Uniknya, tak hanya menyajikan kangkung dalam satu piring plecingan, ada pula sayuran lain, seperti irisan kacang panjang dan kol yang ikut disajikan.
ADVERTISEMENT
Siraman sambal tomat yang segar menambah kenikmatan seporsi plecing kangkung. Benar-benar menggoda!
Kuliner khas Lombok (Foto: Jafrianto/kumparan)
Tak hanya ayam taliwang, rumah makan ini juga mempunyai menu ikan bakar nila asam manis yang menggugah. Tak ingin terlewatkan, kumparan pun turut mencicipinya. Dibandingkan dengan ayam taliwang, rasa pedas yang tercecap dari seporsi ikan ini terasa lebih dominan.
Sebenarnya, selain ayam taliwangan dan plecing kangkung, masih banyak kuliner khas Lombok lainnya yang patut dicoba. Jika kamu mempunyai waktu lebih banyak untuk berasa di pulau seribu masjid ini, maka jangan lewatkan kesempatan untuk berwisata kuliner khas Lombok!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan