Pencarian populer

Merasakan Suasana Negeri Tiongkok di Chinatown Bandung

Kawasan Chinatown Kota Bandung (Foto: Stephanie Elia/kumparan)

Bandung sebagai salah satu kota wisata nampaknya selalu punya cara menarik minat witawan untuk betah berada di kota ini. Cuaca yang sejuk serta wisata liburan yang lengkap menjadi salah satu alasan kenapa Bandung masuk dalam list tujuan akhir pekan yang paling diminati.

Saat berada di sini, kamu bisa mengeksplor semua tempat wisata yang dimiliki kota Bandung. Mulai dari wisata alam, kuliner, hingga wisata sejarahnya.

Dan, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Bandung dalam waktu dekat, rasanya tak akan lengkap jika tidak mencoba mengunjungi kawasan wisata terbaru Kota Kembang ini. Tak jauh dari Alun-alun Kota, kamu bisa menyambangi Chinatown Bandung yang berada di kawasan Pecinan, Bandung.

Tempat wisata yang baru diresmikan pada 20 Agustus 2017 lalu itu akan membuat pengunjung merasakan sensasi seperti berada di negara Tiongkok. Hanya dengan membayar tiket Rp 10 ribu per orang khusus di hari Senin sampai Kamis, dan Rp 20 ribu per orang di hari Jumat sampai Minggu, kamu sudah bisa puas mengelilingi Chinatown Bandung yang buka mulai pukul 12.00 WIB.

Kawasan Chinatown Kota Bandung (Foto: Stephanie Elia/kumparan)

Uniknya, setiap pengunjung yang sudah mebayar tiket masuk akan diberikan sepotong brownies cokelat bertabur parutan kelapa yang dibungkus dengan plastik bening.

Alunan musik khas Tiongkok menyambut para pengunjung yang datang. Nuansa China sungguh terasa saat kamu mulai menginjakkan kaki di pintu masuk.

Saat kumparan (kumparan.com) berkunjung ke sana Minggu (1/10), suasana cukup ramai didatangi oleh wisatawan daerah dan juga warga Bandung. Terlihat para wisatawan berusia lanjut dan keluarga mendominasi kawasan ini.

Kawasan Chinatown Kota Bandung (Foto: Stephanie Elia/kumparan)

Sebuah ruangan dengan pintu berwarna hijau dan berisi beragam barang antik peninggalan warga Tiongkok menyambut kumparan begitu menginjakkan kaki di depan pintu masuk. Mangkuk keramik khas China, lentera, termos, rantang, timbangan, sepeda ontel, mesin jahit, setrika uap, dandang untuk mengukus, hingga alat menghitung sempoa berukuran besar bisa kamu temukan di sini.

Selanjutnya, terdapat deretan toko souvenir yang menjual aneka barang-barang unik yang umum ditemukan di tahun 90-an. Tak hanya souvenir khas Tiongkok saja yang bisa kamu temukan di sini. Kamu juga bisa menemukan barang-barang khas Jawa Barat, seperti ikat kepala bercorak batik, wayang golek Cepot, serta alat musik angklung yang dijual Rp 50 ribu per buah.

Kawasan Chinatown Kota Bandung (Foto: Stephanie Elia/kumparan)

Berjalan lebih jauh, kamu akan melihat ada satu area yang menampilkan kostum putri dan raja zaman kerajaan Tiongkok. Tak hanya dipajang begitu saja, tapi kamu juga bisa berfoto dengan mengenakan kostum tersebut.

Cukup merogoh kocek Rp 25 ribu, kamu sudah bisa berposes layaknya Putri Huan Zhu di film serial drama dengan nama judul yang sama.

Saat perut sudah terasa lapar, maka kamu bisa memasuki area selanjtunya yang menyediakan beragam hidangan khas Jawa Barat. Mie Kocok Bandung, Bakso Chuanki, Soto Bandung, Lupis Ketan, dan Batagor merupakan menu pilihan yang mampu kenyangkan perut.

Kawasan Chinatown Kota Bandung (Foto: Stephanie Elia/kumparan)

Sesuai dengan nama tempat wisata ini, Chinatown Bandung juga menghadirkan sederet menu makanan khas Tiongkok seperti Dimsum, Bakpao, mi dan olahan nasi yang dibumbui dengan bumbu asli Tiongkok. Menariknya, pengunjung dituntut untuk membiasakan diri melakukan pembayaran cashless atau non tunai.

Bagi yang suka bidang fotografi, maka kawasan ini sengaja didesain dengan dekorasi yang menarik sehingga semua spot di area ini sangat Instagramable. Menarik bukan?

Tambah keseruan kamu saat berada di sini dengan mengikuti permainan lempar bola yang berada tak jauh dari area food court. Beragam hadiah menarik menanti untuk kamu yang bisa melemparkan bola dengan tepat.

Kawasan China Town Kota Bandung (Foto: Stephanie Elia/kumparan)

Juga disediakan area bermain bagi anak. Jadi, bagi orang tua yang membawa anak tak perlu khawatir jika mereka akan merasa bosan saat ke sini.

Chinatown Bandung tentu menjadi alternatif tujuan wisata yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: