Pencarian populer

Pentingnya Punya Sahabat Sejak Kecil untuk Kesehatan Mental Seseorang

Ilustrasi sahabat (Foto: Thinkstock)
Manusia adalah makhluk sosial. Mereka tentu tak akan bisa hidup tanpa kehadiran orang lain di hidupnya. Baik keluarga ataupun teman dekat, setiap orang membutuhkan orang terdekat dalam menunjang aktivitasnya sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Dan kumparan (kumparan.com) yakin jika tak ada di antara kalian yang tidak mempunyai teman dekat atau sahabat. Karena setidaknya, setiap orang memiliki sedikitnya satu orang teman terdekat yang akan selalu membantunya dalam keadaan susah ataupun senang.
Bagi kamu yang telah mempunyai sahabat sedari kecil, maka beruntunglah kamu. Karena pasalnya, mereka yang mempunyai sahabat sejak kecil memiliki kesehatan mental yang sangat baik.
Sahabat kecil (Foto: Thinkstock)
Dilansir Metro, baru-baru ini ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sebanyak 169 remaja dengan rentang usia 15 sampai 25 tahun ternyata mempunyai kesehatan mental yang baik karena selalu dikelilingi dengan sahabat terbaik mereka sejak 10 tahun lalu.
Sementara mereka yang tidak memiliki teman dekat semasa kecil, akan mengalami kecemasan sosial yang lebih besar saat menginjak usia dewasa muda.
ADVERTISEMENT
Para remaja yang telah memiliki sahabat sejak kecil juga akan dipenuhi dengan pikiran positif karena didukung oleh jalinan persahabatan yang suportif.
Mempunyai sahabat sejak kecil (Foto: Thinkstock)
Salah satu penulis yang ikut meneliti penelitian tersebut mengatakan meskipun teknologi semakin berkembang, namun jalinan ikatan persahabatan harus tetap menjadi priotitas.
"Seiring berjalannya waktu dan teknologi semakin canggih maka teknologi akan memudahkan seseorang dalam membangun jaringan sosial dengan teman terdekat," ujar profesor jurusan Psikologi Universitas Virginia, Joseph Allen.
"Meskipun seseorang akan disibukkan dengan gadget, maka pusat perhatian juga harus ditujukan pada orang terdekat termasuk para sahabat yang juga harus menjadi prioritas," tambahnya.
Profesor Allen menambahkan bahwa disukai oleh banyak teman saja tidak cukup jika seseorang tidak mempunyai sahabat dekat sejak kecil yang bisa mendukung mereka secara suportif. Baik mempunyai gang atau tidak, pengalaman bersahabat dengan teman semasa kecil bisa memberikan efek yang baik bagi mental seseorang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80