Revin Chairani, Wanita Berhijab yang Menggeluti Olahraga Skateboard
29 September 2017 11:19 WIB
0
0
Skater BerhijabSkater Berhijab Revin Chairani (Foto:Instagram @revinchairani)

Tergolong sebagai olahraga esktrem, skateboard seringkali dikaitkan dengan anak jalanan. Gaya streetwear yang diusung oleh para skaters (sebutan para pemain skateboard), tak sedikit dari mereka yang dipandang dengan pandangan negatif.
Mempunyai niat untuk meruntuhkan stereotip tersebut, seorang wanita berhijab bernama Revin Chairani membuktikan bahwa olahraga skateboard bukanlah olahraga yang patut dijauhi atau didefinisikan sebagai hal yang buruk. Berprestasi menjadi cara Revin untuk menepis semua anggapan negatif masyarakat.
Meskipun berhijab, namun Revin mengaku jika dirinya justru termotivasi dengan hijab yang dikenakannya.
"Banyak teman-teman yang memandang aku negatif saat pertama kali aku bergabung dengan UKM skateboard di kampusku. Bahkan enggak sedikit yang melabeli aku sebagai wanita 'tidak benar' meski aku berhijab," ungkap Revin saat ditemui kumparan (kumparan.com) di Lucy in The Sky, SCBD Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (28/9).
"Mereka mengira kalau aku sudah terjerumus dengan hal-hal yang buruk karena stigma negatif yang masih melekat di olahraga skateboard. Tapi, aku ngga terlalu memerdulikannya. Sebaliknya, aku tetap berbuat baik kepada mereka dan juga menunjukkan bahwa aku bisa berprestasi melalui bidang ini," sambungnya tegas.
Ada total dua prestasi yang pernah diraih oleh gadis berdarah Minang ini, yang pertama adalah juara 2 pada turnamen Lucky Line Skate Park Kategori Wanita tahun 2016 dan yang kedua saat dirinya mengikuti ajang Yamaha Girl Division Competition dengan menyabet juara ke-3.
Revin yang sudah lama mengenakan hijab mengaku masih menemukan kesulitan saat pertama kali dirinya mencoba olahraga ekstrem ini.
"Dalam bermain skateboard, celana ketat memang paling aman digunakan untuk meminimalisir kecelakaan. Meskipun begitu, aku lebih memilih untuk mengenakan celana yang agak stretch tapi tetap longgar," tutur Revin yang tak menampik jika celana yang ia kenakan bisa meningkatkan risiko kecelakaan lebih dominan.
"Aku paling sering mengenakan celana bahan chino karena ringan dan bisa membuat aku lebih leluasa dalam bermain skateboard," lanjutnya.
Wanita yang baru saja lulus dari Universitas Telkom, Bandung ini juga menambahkan bahwa dirinya lebih suka untuk mengenakan sweater atau baju berlengan panjang saat sedang unjuk gigi. Karena menurutnya, kedua jenis pakaian tersebut merupakan pakaian yang paling tepat dalam menunjang kegiatannya.
Untuk pemilihan kerudung, Revin mengaku bahwa kerudung berbahan katun ima menjadi favoritnya.
"Aku lebih suka yang simpel. Paling senang pakai kerudung katun ima segiempat yang aku ikat ke belakang dan aku selipkan bagian bawah kerudungnya ke dalam sweater aku biar (kerudung) ngga ganggu saat aku main skateboard," tambah Revin.
Kendala lain yang sering dialami oleh wanita yang juga gemar bernyanyi ini adalah rasa gerah yang lebih cepat ia rasakan. Tak dijadikan hambatan, Revin menjadikan kendala tersebut sebagai sebuah tantangan.
"Aku memang cepat merasa gerah, tapi rasa gerah dan lainnya aku jadikan tantangan saja. Paling aku hanya menyiasatinya dengan sering menggonta-ganti baju sesering mungkin," paparnya.
Kedepannya Revin berharap jika akan lebih banyak wanita, terutama yang mengenakan hijab yang tak perlu lagi takut atau bahkan malu untuk menggeluti olahraga ekstrem tersebut.


Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab redaksi. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: