Pencarian populer

Tips Deco: 5 Cara Mengaplikasikan Motif di Interior Ruangan

Mengaplikasikan motif pada interior rumah. Foto: Dok. Unsplash

Saat Anda bosan dengan interior rumah yang itu-itu saja, apa yang biasanya Anda lakukan? Bagi sebagian Anda, mungkin merenovasi rumah menjadi hal yang terbesit di pikiran.

Namun, nyatanya, Anda tak perlu repot-repot sampai harus melakukan renovasi demi tampilan ruangan yang baru. Dengan beberapa trik, interior rumah Anda bisa otomatis memberikan tampilan yang baru. Salah satunya, dengan penggunaan motif.

Lalu bagaimana cara mengaplikasikan motif yang tepat pada ruangan agar tampak seperti tampilan interior yang baru.

Berikut 5 tips yang bisa Anda terapkan:

Pilihlah kombinasi warna yang tepat

Loading Instagram...

Menggunakan motif pada interior rumah, tentu harus disesuaikan dengan pemilihan warna yang tepat. Hal ini perlu diperhatikan agar tampilan ruangan tetap seimbang dan tak berlebihan. Contohnya, jika Anda menaruh karpet dengan motif warna merah, cobalah untuk memilih sofa berwarna netral. Dan begitu pula sebaliknya.

Jangan takut untuk memadukan motif berbeda

Loading Instagram...

Jika Anda suka bereksplorasi, tak ada salahnya mengaplikasikan pattern on pattern pada tampilan interior ruangan Anda. Misalnya, Anda bisa memilih karpet berukuran besar dengan motif garis-garis, lalu Anda timpa dengan karpet mungil bermotif abstrak di atasnya. Dua motif berbeda ini akan memberikan tampilan baru yang unik pada tampilan Anda.

Mulailah pada benda kecil seperti aksesori rumah

Loading Instagram...

Anda bisa menambahkan motif pada hal-hal kecil terlebih dahulu. Mulai dari bantal di atas sofa, selimut, pajangan dinding, hingga vase bunga. Meski perubahannya tak terlalu signifikan, namun tetap akan mempercantik tampilan interior rumah Anda.

Perhatikan ukuran motif

Loading Instagram...

Anda memang bebas bereksplorasi menggunakan motif apapun. Namun, perhatikan juga ukuran dari motif yang dipilih, terutama jika Anda memadukan berbagai bentuk motif sekaligus. Pastikan bahwa Anda memiliki motif mungil, motif besar-besar, motif abstrak, dan motif geometris. Dengan begitu, tampilan interior rumah Anda akan tampak seimbang.

Pemilihan tekstur

Loading Instagram...

Tak hanya motif saja, tekstur juga harus Anda pikirkan ketika memilih motif. Cobalah untuk memberikan variasi tekstur pada item yang dipilih. Misalnya, beberapa bantal dengan pilihan motif yang berbeda seperti satin, beludru, dan sequin.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57