Pencarian populer

Tips Diet Menyenangkan Ala Kemal Mochtar

Kemal Mochtar (Foto: Instagram @kemalmochtar, Infografik: Putri Arifira/kumparan)

Aktor, penyiar radio, dan presenter Kemal Mochtar dikenal sebagai sosok jenaka bertubuh tambun.

Setahun lalu, berat badan penyiar radio GenFM ini masih berada di angka 120an kilogram. Namun perlahan tapi pasti, Kemal berhasil memangkas berat badannya sebanyak 55 kilogram.

Kemal pun berbagi tips dan trik seputar cara efektif menurunkan berat badan tanpa menyiksa.

"Kuncinya di makanan. Konsep 3J yaitu Jam, Jenis, Jumlah," ujar Kemal, saat ditemui kumparanSTYLE di Gyan Restaurant, Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Cara ini ia dapatkan setelah berkonsultasi langsung dengan dokter gizi. Dokter menganjurkan untuk olahraga dan menjaga asupan kalori harian.

Kemal Mochtar. (Foto: Instagram @kemalmochtar)

Menurut dokter, pola makan yang benar jadi kunci sukses menurunkan berat badan. Apapun makanan yang Anda santap, tubuh tak akan menggemuk asal porsinya ditakar dengan baik.

"Mau makan nasi Padang boleh saja, asal lauknya tidak lebih dari satu. Nasi goreng juga boleh, asalkan masak sendiri atau dimasak tanpa mentega," ungkap Kemal.

Diet akan berubah jadi gaya hidup jika dijalani dengan cara menyenangkan dan tak menyiksa diri.

"Saya pastikan makanan yang saya makan itu enak. Karena kalau tidak enak, maka kita terdorong untuk cheating. Saya tetap makan soto, gulai tongseng, dan nasi goreng. Tapi porsi dijaga dan harus masak sendiri," tekan Kemal. Syaratnya adalah mengurangi makanan yang digoreng dan berminyak. Juga usahakan tak makan di atas jam sembilan makan.

Metode penghitungan kalori jadi cara efektif untuk menurunkan berat badan. Kalori yang masuk tak boleh lebih besar dari kalori yang dibakar.

"Misalnya Anda sudah makan mi instan 350 kalori, ya tinggal jalan kaki saja sebanyak mungkin. Saya pribadi targetkan 10 ribu langkah sehari yang bisa membakar 1700 kalori. Semua bisa terukur, jadi stop blaming the restaurant and food. Kalau gendut ya cara makan kita yang salah, bukan makanannya," ujarnya Kemal Mochtar mantap.

Sembari mengatur pola makan dan berusaha jalan kaki 10 ribu langkah per hari, Kemal juga menekuni olahraga sepeda. Konsisten menjalani gaya hidup sehat selama setahun, berat badan Kemal susut hingga 65 kilogram.

"Saya berjalan kaki nonstop setiap hari. Kalau misalnya hujan, saya akan jalan kaki di mal. Dokter sendiri menyarankan jalan di tempat enggak boleh berhenti, minimal 30 menit dan maksimal 120 menit," tutup Kemal Mochtar.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36