kumparan
20 Agu 2018 19:08 WIB

Tips Keuangan: 3 Cara Menghemat Pengeluaran di Akhir Bulan

Tips Berhemat saat Akhir Bulan (Foto: Unsplash)
Di tanggal tua, krisis keuangan sering kali menjadi salah satu masalah bagi para pekerja maupun mahasiswa. Hal itu terjadi karena kita kerap menghabiskan uang untuk pengeluaran kecil yang kadang bahkan tidak penting.
ADVERTISEMENT
Pengeluaran kecil tersebut mungkin tidak akan Anda sadari secara langsung saat mengeluarkan uang. Namun tahukah Anda, jika pengeluaran kecil itu dapat membukit jika diakumulasikan per bulannya?
Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Berikut kumparanSTYLE berikan tips menghemat pengeluaran di akhir bulan:
1. Menghitung Pengeluaran Kecil
Menghitung Pengeluaran Kecil (Foto: Unsplash)
Untuk mengontrol keuangan Anda, bukan hanya pengeluaran wajib dan besar saja yang harus dihitung, tetapi pengeluaran kecil juga harus Anda hitung. Mulai dari pembelian bensin, kopi, jajanan, pembelian tisu, bahkan sampai pemberian uang tip untuk sopir taksi atau ojek online.
Siapkan buku catatan atau catat di aplikasi catatan di smartphone Anda setiap harinya, lalu jumlahkan di akhir bulan. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi pengeluaran berikutnya sehingga Anda bisa lebih berhemat.
ADVERTISEMENT
2. Hindari Penarikan Uang di ATM Berbeda
com-Ilustrasi di ATM (Foto: Thinkstock)
Mungkin ini merupakan hal yang sepele, namun jika Anda teliti dalam menghitung, mengambil uang dari mesin ATM yang berbeda bank, dapat membuat Anda lebih boros.
Satu kali penarikan tunai saja Anda dikenakan biaya sebesar Rp. 7.500 ribu, lalu sudah berapa banyak uang yang Anda habiskan jika Anda menarik uang dari mesin ATM yang berbeda lebih dari lima kali dalam sebulan?
Anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengontrolnya karena biaya potongan tersebut tidak tercantum pada struk, sehingga Anda juga tidak akan menyadarinya secara langsung. Untuk itu, sebisa mungkin hindari menarik, mentransfer, dan bahkan mengecek saldo dari mesin ATM yang berbeda dengan kartu ATM Anda agar keuangan lebih hemat.
ADVERTISEMENT
3. Membawa Kopi dan Air Mineral Sendiri
Membawa Kopi dan Air Mineral Sendiri (Foto: Unsplash)
Untuk mengurangi pengeluaran Anda dalam pembelian kopi, siasati dengan membawa kopi sendiri dari rumah. Agar lebih mudah, Anda juga bisa menyetok kopi kemasan di kantor untuk persediaan hingga akhir bulan.
Selain itu, untuk kebutuhan air mineral, Anda dapat membawa botol minum yang sudah diisi dari rumah jika akan berangkat kerja, dan Anda bisa mengisinya kembali di kantor saat akan pulang. Selain menghemat keuangan, membawa botol air sendiri juga dapat membantu melestarikan lingkungan dengan mengurangi penggunaan botol plastik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·