kumparan
16 Des 2017 12:00 WIB

Waspada Gempa Susulan, Ini 7 Barang yang Harus Dibawa untuk Mengungsi

Ilustrasi barang bawaan. (Foto: Dok. Flickr)
Siaga dalam keadaan apapun adalah hal yang diperlukan saat terjadi bencana. Salah satunya, bencana gempa bumi.
ADVERTISEMENT
Seringkali saat gempa terjadi, akan disusul dengan rangkaian gempa susulan lainnya yang mengharuskan kita untuk di evakuasi ke tempat yang lebih aman dan menunjang. Namun, karena terburu-buru, kadang kala kita melupakan barang-barang yang dibutuhkan saat mengungsi.
Padahal, barang-barang tersebut sangat diperlukan untuk mendukung keadaan di pengungsian. Lalu, barang apa saja yang efektif dibawa ketika mengungsi? Berikut ulasannya:
1. Makanan dan Air
Makan Roti Gandum (Foto: Pexels )
Persiapkan makanan yang mudah untuk disiapkan dan tidak gampang basi. Misalnya, makanan instan, makanan ringan, roti, dan biskuit.
Walaupun dalam keadaan terbatas, kamu harus tetap mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh. Apabila terdapat sayuran dan buah, usahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan tersebut.
Untuk mengantisipasi kebutuhan di posko evakuasi, pastikan kamu memiliki persediaan air yang bersih. Persiapkan botol minuman pribadi agar lebih higienis.
ADVERTISEMENT
2. Obat Darurat
Ilustrasi obat-obatan (Foto: Thinkstock)
Semisal evakuasi mengharuskanmu untuk mengungsi dalam waktu yang lama, persiapkan obat-obatan yang biasa kamu gunakan. Seperti obat sakit kepala, diare, dan juga vitamin yang dapat menunjang kesehatanmu.
3. Handphone Beserta Charger
Handphone (Foto: Mela Nurhidayati/Kumparan)
Handphone merupakan barang yang sangat penting dalam keadaan genting, seperti gempa. Pastikan untuk membawa handphone beserta charger-nya, sehingga kamu dapat mengabari kerabat jauh atas keselamatanmu.
4. Uang
Ilustrasi uang rupiah. (Foto: Adek Berry/AFP)
Saat evakuasi dapat memakan waktu yang panjang hingga berhari-hari yang mengharuskanmu untuk bermalam. Uang akan sangat berguna untuk kamu membeli kebutuhan pangkal, seperti makanan dan obat-obatan.
5. Senter
Saat gempa bumi, terkadang aliran listrik ikut padam. Sehingga penggunaan senter adalah hal yang sangat diperlukan mengingat waktu malam tiba.
ADVERTISEMENT
6. Pakaian Secukupnya
Ilustrasi pakaian yang dijual. (Foto: Thinkstock)
Kebersihan diri juga harus kamu perhatikan, bawalah baju secukupnya, karena dengan bersih, kesehatanmu pun akan lebih terjaga.
Jangan membawa baju terlalu banyak agar tidak mempersulit untukmu bergerak. Bawalah pakaian dalam, baju hangat, dan handuk secukupnya.
7. Alat Mandi
Biarkan kepala sikat gigi terbuka. (Foto: Thinkstock)
Barang seperti sikat gigi, sabun dan sampo lebih baik kamu bawa sendiri. Untuk kepentingan kebersihan pribadi dan tidak tercampur dengan orang lain.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan