kumparan
7 Des 2018 10:04 WIB

10 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia Selama 2018

PewDiePie, rajanya vlogger youtube (Foto: Youtube)
YouTuber kini menjadi sebuah profesi baru yang menggairahkan. Bagaimana tidak, para kreator konten video YouTube ini bisa meraup pendapatan dengan angka yang fantastis dari hasil karya mereka.
ADVERTISEMENT
Majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat, Forbes, bahkan punya daftar nama YouTuber di seluruh dunia dengan bayaran tertinggi selama 2018. Angka yang didapat tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.
Pada 2017, pendapatan tertinggi mencapai 16,5 juta dolar AS atau setara Rp 240 miliar, bandingkan dengan penghasilan tertinggi tahun ini yang mencapai 22 juta dolar AS atau Rp 320 miliar. Artinya ada peningkatan pendapatan untuk para konten kreator YouTube setiap tahunnya.
Siapa saja mereka? Berikut ini daftar lengkap 10 YouTuber dengan penghasilan tertinggi selama 2018, menurut Forbes!
1. Ryan ToysReview
Penghasilan: 22 juta dolar AS (Rp 320 miliar)
Video
Cukup mengejutkan, walau usianya masih 7 tahun, Ryan ternyata bisa mendapatkan penghasilan sekitar 22 juta dolar AS (Rp 317 miliar) dari video-video yang diunggahnya di YouTube sepanjang tahun ini.
ADVERTISEMENT
Melalui kanal YouTube bernama Ryan ToysReview, ia memberikan komentar dan penjelasan mengenai perangkat mainan yang dimainkan. Saat ini, ia memiliki 17 juta pengikut yang senantiasa menonton karyanya di YouTube.
2. Jake Paul
Penghasilan: 21,5 juta dolar AS (Rp 312 miliar)
Video
Jake Paul adalah salah satu YouTuber terkenal di dunia. Ia juga merupakan adik dari YouTuber kondang, Logan Paul, yang sempat menyorot perhatian di tahun ini lewat video kontroversial tentang 'hutan bunuh diri' Aokigahara di Jepang.
Jake mampu meraup penghasilan hingga 21,5 juta dolar AS (setara Rp 309 miliar) selama 2018 di YouTube. Video yang Jake buat masih sekitar merekam momen kegiatan sehari-hari alias daily vlog. Sesekali ia juga menampilkan bakatnya dalam bernyanyi.
ADVERTISEMENT
3. Dude Perfect
Penghasilan: 20 juta dolar AS (Rp 291 miliar)
Video
Sekelompok YouTuber yang terdiri dari Coby dan Cory Cotton, Garrett Hilbert, Cody Jones, serta Tyler Toney memiliki 36 juta pengikut yang menonton video hasil karya mereka soal trik-trik rumit dan manuver mustahil.
4. Daniel Middleton (DanTDM)
Penghasilan: 18,5 juta dolar AS (setara Rp 269 miliar)
Video
YouTuber berusia 26 tahun ini harus turun tahta dari posisi pertama pada tahun lalu. Pria Inggris bernama asli Daniel Middleton, yang menggunakan nama panggung DanTDM, menjadi terkenal berkat video dirinya memainkan Pokémon dan Minecraft.
Meski memiliki jumlah pengikut yang banyak, yakni 20,7 juta pengguna, namun hal itu tidak membuat Daniel mendapatkan pundi-pundi pendapatan yang besar untuk tahun ini.
ADVERTISEMENT
5. Jeffree Star
Penghasilan: 18 juta dolar AS (setara Rp 262 miliar)
Video
Jeffree star adalah seorang selebriti, penata rias, pengusaha, dan musisi. Sebelumnya, Jeffree tidak ada dalam daftar YouTuber yang berpenghasilan tinggi.
Channel YouTube-nya banyak berisi konten-konten video tentang tutorial make-up dan kegiatan Jeffree dalam kesehariannya. Saat ini, jumlah pengikutnya mencapai 11 juta orang. Jeffree juga merupakan pendiri dan pemilik Jeffree Star Cosmetics.
6. Markiplier
Penghasilan: 17,5 juta dolar AS (Rp 254 miliar)
Video
Gamer 'Markiplier' yang memiliki nama asli Mark Fischbach ini turun dua peringkat dari posisinya tahun lalu. Konten video yang dibuat oleh Markiplier didominasi video dirinya memainkan game, namun ada juga beberapa video sketsa komedi dan animasi yang menghibur. Saat ini jumlah pengikutnya mencapai 22 juta pengguna.
ADVERTISEMENT
7. Evan Fong (VanossGaming)
Penghasilan: 17 juta dolar AS (Rp 247 miliar)
Video
Sama seperti Markiplier, VanossGaming juga mengalami penurunan peringkat dalam daftar YouTuber berpenghasilan tertinggi di dunia yang dibuat Forbes.
Pria asal Kanada ini menjadi terkenal karena menampilkan video dirinya, atau berkolaborasi dengan YouTuber lain, dalam memainkan game, seperti 'Call Of Duty', 'GTA V', 'Garry's Mod' dan lain-lain. Saat ini jumlah pengikutnya mencapai 23 juta orang.
8. Jacksepticeye
Penghasilan: 16 juta dolar AS (Rp 232 miliar)
Video
Kembali hadir pendatang baru dalam daftar tahun ini, yaitu Sean McLoughlin dengan channel Jackspticeye. YouTuber asal Irlandia ini membuat konten video seputar komentator video game. Saat ini jumlah pengikutnya mencapai 20 juta pelanggan.
ADVERTISEMENT
9. PewDiePie
Penghasilan: 15,5 juta dolar AS (Rp 225 miliar)
Video
PewDiePie alias Felix Kjellberg, mengalami peningkatan jumlah pendapatan dibanding tahun lalu. PewDiePie terkenal lewat video dirinya sedang bermain game.
Kabar terbaru menyebutkan, PewDiePie diduga terlibat dalam peretasan puluhan ribu printer untuk bantu memperbanyak jumlah pengikutnya. Saat ini PewDiePie memiliki jumlah pengikut 74 juta orang.
10. Logan Paul
Penghasilan: 14,5 juta dolar AS (Rp 211 miliar)
Video
Tahun 2018, YouTuber Logan Paul menjadi sorotan gara-gara video kontroversialnya terkait 'hutan bunuh diri' Aokigahara di Jepang yang sempat menimbulkan kecaman. Namun terlepas dari kasus tersebut, Paul masih masuk dalam daftar Youtuber berpenghasilan tinggi dan bahkan mengalami peningkatan walau tidak signifikan
Pria berusia 23 tahun ini awalnya terkenal sebagai bintang di Vine sebelum bermigrasi ke YouTube. Pilihannya tersebut membuat namanya menjadi semakin terkenal.
ADVERTISEMENT
Itulah daftar 10 YouTuber berpenghasilan tertinggi di dunia selama 2018. Bagaimana dengan Indonesia?
YouTuber, Atta Halilintar. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)
Sebelumnya kumparan punya laporan khusus tentang YouTuber Indonesia. Berdasarkan aplikasi pengukur performa akun-akun media sosial, Social Blade, channel Akun YouTube Sabiyan Gambus diprediksi mampu menghasilkan Rp 259 juta hingga Rp 4,16 miliar per bulan.
Di bawah Sabiyan, ada Atta Halilintar dengan penghasilan yang juga fantastis. Sosial Blade memprediksi bahwa Atta sedikitnya mengantongi Rp 256 juta hingga Rp 4,1 miliar. Laki-laki yang baru berusia 24 tahun itu memiliki 6,48 juta subscribers dan 492,57 juta views per 10 November 2018.
Cukup menggiurkan bukan? Apakah kamu juga tertarik ingin menjadi YouTuber?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan