2019, Jack Ma Pensiun dari Alibaba Saat Berusia 55 Tahun

10 September 2018 9:32 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pendiri Alibaba Group, Jack Ma (Foto: Reuters/Stringer)
zoom-in-whitePerbesar
Pendiri Alibaba Group, Jack Ma (Foto: Reuters/Stringer)
ADVERTISEMENT
Teka-teki masa depan Jack Ma di Alibaba Group akhirnya terungkap. Jack Ma, yang hari Senin (10/9) ini genap berusia 54 tahun, mengumumkan dirinya akan meninggalkan jabatan executive chairman di Alibaba dan digantikan oleh Daniel Zhang, yang kini menjabat CEO Alibaba.
ADVERTISEMENT
Dalam surat yang ditujukan untuk pemegang saham dan pelanggan Alibaba, Ma mengatakan akan tetap di dalam struktur perusahaan sebagai dewan direksi sampai pertemuan tahunan pemegang saham Alibaba pada 2020.
Adapun masa pensiunnya sebagai executive chairman akan dimulai tepat dengan ulang tahunnya yang ke-55 pada 10 September 2019.
"Saya telah menaruh banyak pemikiran dan persiapan ke dalam rencana suksesi ini selama sepuluh tahun. Saya senang mengumumkan rencana hari ini berkat dukungan dari Alibaba Partnership dan dewan direksi kami," tulis Ma seperti yang dilansir CNBC.
Jack Ma juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang yang terlibat dalam kemajuan yang diraih oleh Alibaba hingga akhinya ia mencapai masa pensiun.
"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih khusus kepada semua rekan Alibaba dan keluarga Anda, karena kepercayaan, dukungan, dan usaha bersama kami selama 19 tahun terakhir telah mempersiapkan kami untuk hari ini dengan keyakinan dan kekuatan," tulisnya.
Jack Ma. (Foto: AFP/Jorge Silva)
zoom-in-whitePerbesar
Jack Ma. (Foto: AFP/Jorge Silva)
Jack Ma kini akan lebih banyak mendedikasikan waktu dan kekayaannya untuk kegiatan kemanusiaan melalui Jack Ma Foundation. Ia seakan mengikuti jejak pendiri Microsoft, Bill Gates.
ADVERTISEMENT
“Ada banyak hal yang dapat saya pelajari dari Bill Gates. Saya tidak pernah bisa menjadi kaya, tetapi satu hal yang dapat saya lakukan lebih baik adalah pensiun lebih awal,” kata Ma saat wawancara pekan lalu dengan Bloomberg Television.
“Saya pikir suatu hari nanti, dan segera, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang menurut saya bisa saya lakukan jauh lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba.”
CEO Alibaba Group, Daniel Zhang (Foto: Dok: Alibaba)
zoom-in-whitePerbesar
CEO Alibaba Group, Daniel Zhang (Foto: Dok: Alibaba)
Jack Ma adalah mantan guru bahasa Inggris yang ikut mendirikan Alibaba pada tahun 1999 dan dianggap sebagai salah satu orang terkaya di China, dengan kekayaan bersih menurut Forbes mencapai 36,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 543,4 triliun.
Alibaba adalah perusahaan yang berbasis di Hangzhou, China, yang merupakan kota kelahiran Jack Ma. Alibaba didirikan pada 1999 sebagai bisnis e-commerce dengan modal awal 60 ribu dolar AS, dan dalam waktu kurang dari dua dekade telah berkembang menjadi perusahaan teknologi raksasa senilai 420 miliar dolar AS.
ADVERTISEMENT
Alibaba kini menjalani bisnis di bidang belanja online, pembayaran tanpa uang tunai, komputasi awan, kecerdasan buatan dan bahkan film-film Hollywood. Alibaba kini memiliki lebih dari 86.000 karyawan.