2019, XL Fokus Perluas Jaringan 4G di Luar Pulau Jawa

5 April 2019 10:39 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
XL Axiata. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
XL Axiata. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pembangunan jaringan terus dilakukan XL Axiata guna menyediakan layanan telekomunikasinya ke seluruh Indonesia. Untuk tahun 2019 ini, pembangunan telekomunikasi akan fokus di luar Pulau Jawa.
ADVERTISEMENT
Infrastruktur seperti menara Base transceiver station (BTS) bakal didirikan di luar Pulau Jawa, dengan target jumlah sama dengan tahun lalu yakni sekitar 6.764 BTS. Sementara untuk jaringan backbone fiber optik, yang sekarang sudah mencapai lebih dari 45 ribu kilometer, akan dibangun di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.
Direktur Teknologi XL Axiata Yessie Yosetya, berkata visi mereka dalam memperluas jaringan data ke berbagai penjuru Indonesia adalah untuk mendukung percepatan pembangunan. XL akan melanjutkan kebijakan pembangunan jaringan data hingga menjangkau daerah-daerah terpencil di kawasan Barat hingga Timur Indonesia pada 2019.
"Kami konsisten lakukan investasi BTS. Sekarang BTS sudah lebih dari 118.596 BTS. Maka akan diwujudkan membangun jaringan enggak hanya di Jawa tapi di luar Jawa," ucap Yessie di acara media gathering XL Axiata di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (4/4).
Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
XL Axiata, kata Yessie, akan terus melanjutkan pembangunan jaringan di Nusa Tenggara Timur. Saat ini sudah terbangun jaringan 3G maupun 4G di 15 kota atau kabupaten di provinsi tersebut. Di wilayah ini, perusahaan bakal terus melanjutkan perluasan yang sudah dimulai sejak 2018 secara agresif mulai dari Sumba, Flores, hingga Pulau Timor.
ADVERTISEMENT
Khusus di wilayah Indonesia Timur, total jaringan data XL Axiata diklaim telah melayani pelanggan di 150 kota atau kabupaten di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Beberapa BTS 4G juga telah beroperasi di sejumlah pulau kecil, salah satunya Rote.
"Dengan pembangunan jaringan di tahun ini, maka diharapkan wilayah layanan XL di sana akan bertambah lebih dari 41 persen dibanding tahun lalu," tuturnya.
Peta proyek Palapa Ring. Foto: Kominfo
Kehadiran proyek Palapa Ring Timur yang akan rampung di 2019 juga membuka kesempatan bagi XL untuk mempermudah mereka menyediakan akses internet ke wilayah Indonesia Timur. Bukan tidak mungkin mereka akan memanfaatkan jaringan tersebut, seperti yang mereka lakukan dengan Palapa Ring Barat untuk membuka jaringan 4G di Kepulauan Anambas.
ADVERTISEMENT
"2019 kami juga ada rencana hubungkan Palapa Ring Timur dari Waingapu ke Kupang. Ini ada kaitan dengan jadi lebih luas," tambah Yessie.