Pencarian populer

5 Tips Mengambil Foto Sunset Pakai Kamera Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9 (Foto: Lucas Jackson/Reuters)

Organisasi pengukur kualitas kamera dan lensa smartphone, DxOMark, menilai kemampuan kamera yang dimiliki Samsung Galaxy Note 9 dengan skor 103. Angka ini membawa smartphone duduk di peringkat ketiga, di bawah Huawei P20 Pro dan HTC U12+.

DxOMark tidak salah menilai karena Galaxy Note 9 memang sanggup menunjukkan kemampuan mumpuni dalam mengambil gambar. Semua berkat kamera belakang gandanya yang beresolusi masing-masing 12 MP dengan lensa wide dan telephoto, serta didukung bukaan ganda (dual-aperture).

Ketika sejumlah smartphone kesulitan untuk menangkap gambar atau foto panorama matahari terbenam di pantai atau gunung, Galaxy Note 9 justru sanggup melakukannya. Hal ini diamini oleh fotografer profesional Kay Moreno.

Sebagai pengguna Galaxy Note 9, Kay merasa puas dengan pengalamannya memanfaatkan kamera smartphone-nya. Apalagi mode Pro yang ada di Galaxy Note 9 membawanya bisa berekspresi lebih dalam berfoto ketika sunset tiba.

Hasil kamera Galaxy Note 9. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)

Dalam sebuah acara workshop bersama Samsung di Bintan, Kepulauan Riau, pada Senin (1/10), Kay berkesempatan membagikan tips mengambil foto saat matahari terbenam. Berikut tips ambil gambar sunset dengan Galaxy Note 9!

1. Pakai Mode Pro

Kay menyarankan pengguna Galaxy Note 9 memakai mode Pro dalam mengambil gambar panorama sunset. Dengan mode ini, pengguna memiliki opsi pengaturan yang berlimpah, mulai dari ISO, shutter speed, aperture atau bukaan lensa, hingga white balance atau temperatur warna.

Hasil kamera Galaxy Note 9. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)

2. Mainkan ISO dan Shutter Speed

Dalam kondisi matahari terbenam, Kay menyarankan pengguna memainkan ISO di angka antara 50 hingga 400 dan jangan dipaksakan ISO 800. Sementara untuk shutter di angka 1/750 saat cahaya dirasa masih terang hingga 1/100 ketika suasana semakin gelap.

"ISO-nya semakin tinggi, noise semakin tinggi. Grainy (kasar) gitu nanti kalau kita lihat fotonya, kok mukanya gak bersih. Nah, sebenernya 400 itu sudah mulai kelihatan grainy-nya tapi masih oke."

Pengaturan ISO di Galaxy Note 9. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)

3. f/2.4 untuk Cahaya Terang dan f/1.5 untuk Cahaya Gelap

Galaxy Note 9 punya dua bukaan lensa pada kamera belakang gandanya, yaitu f/2.4 dan f/1.5. Keduanya punya peran masing-masing dalam menangkap gambar sunset.

"Saya taruh F-nya di 2.4 selama masih cukup terang. Kalau sampai (shutter speed) 1/100 masih gelap, F-nya kita buka lagi 1.5," ungkap Kay.

Pengaturan shutter speed dan bukaan lensa di Galaxy Note 9. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)

4. Fokus di Filter Warna 'Vivid'

Seperti smartphone lain, Galaxy Note 9 memiliki filter untuk menambah kesan warna di foto panorama matahari tenggelam. Ada banyak varian filter warna, mulai dari standar, breezy, vivid, hingga serene.

Untuk kasus foto sunset, pengguna diharuskan fokus di filter vivid agar hasil gambarnya semakin maksimal dan dramatis, menurut Kay.

Filter vivid di Galaxy Note 9. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)

5. Manfaatkan White Balance

Terakhir, yang tidak boleh dilewatkan pengguna Galaxy Note 9 adalah white balance atau temperatur warna. Untuk sektor ini, Kay menyarankan pengguna mengaturnya secara manual di Kalvin atau K.

"Kita kalau mau lebih warm bisa dinaikkan ke 8000, tergantung selera," ucap Kay.

Pengaturan white balance di Galaxy Note 9. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)

Penggunaan white balance juga harus memperhatikan objek yang difoto, apakah murni hanya pemandangan atau ada orang yang perlu ikut dijepret.

Angka 8000 ini diakui Kay hanya cocok jika objek yang difoto murni pemandangan saja. Ketika ada orang sebagai objek fokusnya, white balance-nya harus diturunkan hingga warna kulitnya tidak terlalu merah.

Demikian beberapa tips untuk pengguna Samsung Galaxy Note 9 dalam mengambil foto sunset. Sebagai tambahan, pengguna tidak disarankan Kay mengambil gambar suasana matahari terbenam dengan lampu kilat untuk penerangan tambahan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53