Pencarian populer

Kominfo Minta Maaf dan Akui Salah Blokir Situs Vatican News

Situs Vatican News (Foto: Vatican News)

Situs Vaticannews.va mendadak ramai jadi perbincangan warganet Indonesia di media sosial pada Sabtu (7/7) lalu. Hal itu dikarenakan situs tersebut tidak bisa diakses pengguna di internet Indonesia.

Setelah ditelusuri, ternyata situs tersebut diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) karena mengandung konten negatif.

Padahal Vatican News bukanlah situs berisi ujaran kebencian, terorisme, pornografi, atau konten negatif lainnya yang dilarang pemerintah. Mereka adalah penyedia informasi seputar Vatikan, Paus Fransiskus, dan lain sebagainya.

Pihak Kemkominfo sendiri akhirnya angkat bicara terkait pemblokiran situs Vatican News, setelah tim AduanKonten menerima banyak laporan masyarakat pada Sabtu (7/7) pukul 14.00 WIB.

Dalam pengecekan tim AduanKonten ditemukan adanya kesalahan sistem di Kemkominfo. Kesalahan sistem itu membuat situs Vatican News terblokir sejak tanggal 29 Juni 2018.

Proses normalisasi situs Vatican News segera dilakukan pihak Kemkominfo. Tak lupa mereka meminta maaf dan berjanji segera meningkatkan kualitas sistemnya menjadi lebih baik lagi.

"Kami berterima kasih atas masukan masyarakat terkait hal ini dan kami mohon maaf atas kesalahan yang terjadi. Kami terus meningkatkan kualitas sistem kami," kata tim AduanKonten Ditjen Aplikasi Informatika Kemkominfo dalam pernyataan resmi, Minggu (8/7).

Situs Vatican News sudah bisa diakses pengguna per Sabtu (7/7) pukul 15.50 WIB.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: