Pencarian populer

Adu Kecepatan Internet Operator Seluler Indonesia, Siapa Juara?

IIustrasi bermain smaratphone. Foto: Thinkstock
Platform penghitung kualitas koneksi internet, nPerf, mempublikasi laporan hasil analisisnya terkait kualitas jaringan mobile internet yang disediakan operator seluler di Indonesia selama tahun 2018.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 2018, nPerf berhasil mengumpulkan 636.757 pengujian koneksi internet yang dilakukan oleh penggunanya. Pengujian tersebut terdiri dari tes kecepatan, tes streaming, dan tes browsing.
Dalam tes kecepatan itu dihitung berapa kecepatan download dan upload dari masing-masing operator dalam satu waktu. Tes streaming dilakukan menggunakan platform YouTube untuk menampilkan berbagai kualitas video.
Sementara tes terakhirnya yaitu browsing akan diukur kecepatan membuka lima situs web yang sering dikunjungi pengguna internet Indonesia. Nantinya, dari rangkaian tersebut akan menghasilkan poin yang dijadikan tolak ukur siapa operator seluler dengan koneksi internet terbaik.
Ilustrasi Internet. Foto: Rawpixel/Pixabay
Dalam laporan nPerf yang dikeluarkan pada 13 Februari 2019 ini ada lima operator seluler Indonesia yang terlibat, di antaranya Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren, Hutchison 3, dan Bolt.
ADVERTISEMENT
Khusus untuk Bolt, karena jaringan mereka ditangguhkan pada bulan November, maka tidak ada data pada bulan Desember 2018 untuk operator tersebut.
Lalu, operator mana yang sukses memberikan akses internet cepat untuk para penggunanya selama tahun 2018 lalu?
Hasilnya, operator Telkomsel menjadi juara karena mendapatkan poin tertinggi, yakni mencapai 23185 nPoints. Di posisi kedua ditempati XL Axiata dengan 21596 nPoints, sementara di peringkat ketiga ada Smartfren dengan 21077 nPoints. Kemudian Bolt, Hutchison 3, dan Indosat Ooredoo menempati peringkat empat, lima, dan enam.
nPerf menyatakan Telkomsel sebagai operator terbaik pada tahun 2018, karena memiliki kecepatan upload yang sangat baik mencapai 5,79 Mb/s dan tingkat kinerja penelusuran yang signifikan.
"Menurut metodologi penilaian kami, dengan 23.185 nPoints, Telkomsel adalah operator seluler yang memilikinya memberikan kualitas pengalaman terbaik kepada pelanggannya," tulis laporan nPerf.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Smartfren memenangkan tes kecepatan download dengan Jaringan 4G LTE yang dimilikinya. Selain itu, Smartfren juga disebut menghadirkan latensi yang sempurna untuk para gamer. Sedangkan operator yang kini telah tutup, Bolt, menjadi pemenang dalam tes streaming.
Berikut daftar lengkap dari hasil uji kecepatan download dan upload operator seluler di Indonesia menurut riset nPerf.
Kecepatan Download 2G/3G/4G
- Smartfren: 14,77 Mbps
- Telkomsel: 8,06 Mbps
- Bolt: 7,03 Mbps
- XL Axiata: 6,68 Mbps
- Indosat Ooredoo: 3,63 Mbps
- Hutchison 3: 3,15 Mbps
Kecepatan Upload 2G/3G/4G
- Telkomsel: 5,79 Mbps
- XL Axiata: 5,01 Mbps
- Smartfren: 4,66 Mbps
- Hutchison 3: 3,44 Mbps
- Indosat Ooredoo: 2,95 Mbps
ADVERTISEMENT
- Bolt: 1,19 Mbps
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85