kumparan
13 Sep 2019 10:12 WIB

Apple Beri Pesan Rahasia di Video Peluncuran iPhone 11

iPhone 11. Foto: Stephen Lam/Reuters
Persis setelah acara peluncuran iPhone 11 berakhir, Apple mengunggah video baru pada kanal YouTube mereka. Video tersebut sebenarnya hanyalah rangkuman dari keseluruhan acara yang memiliki durasi dua jam menjadi sekitar dua menit tersebut.
ADVERTISEMENT
Namun, ternyata video itu bukanlah video biasa. Pasalnya, Apple ternyata menyelipkan sebuah pesan rahasia bagi penggemar mereka.
Video
Dilansir TechCrunch, easter egg tersebut ditemukan oleh seorang pengguna Reddit bernama Gcarsk. Pesan rahasia ini begitu cepat, hanya sepersekian detik ditampilkan, dan berada di antara menit 1:24 dan 1:25.
Di antara menit-menit itu, jika kamu memperhatikan, layar berubah menjadi biru. Selain itu, terdapat tulisan yang membingungkan bagi orang awam.
“Error 09102019. Ini hanya sebuah pemikiran. Tetapi mungkin menyenangkan untuk memiliki semacam pesan easter egg di sini untuk para penggemar hardcore Apple yang akan menghentikan video,” jelas pesan, tersebut.
CEO Apple Tim Cook berbicara di atas panggung selama acara peluncuran produk di kantor pusat Apple di Cupertino, California pada 10 September 2019. Foto: AFP/JOSH EDELSON
Tidak hanya itu, di bawah pesan tersebut, terdapat kombinasi biner 0 dan 1. Kode biner tersebut kemudian diterjemahkan oleh pengguna Reddit lainnya. Pesan tersebut dibongkar ke dalam bahasa Inggris, dan apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, artinya, "Jadi Anda meluangkan waktu untuk menerjemahkan ini? Kami mencintaimu."
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan