Pencarian populer
Bukalapak Raih Investasi Baru, Salah Satunya dari Naver Korea
Achmad Zaky, CEO dan Pendiri Bukalapak. (Foto: Astrid Rahadiani/kumparan)
Perusahaan e-commerce Bukalapak sedang menyiapkan sebuah acara megah untuk merayakan hari ulang tahunnya yang ke-9 pada Kamis malam ini (10/1), di JCC Senayan. Mereka mengundang orang nomor satu di negeri ini, Presiden Joko Widodo, dan akan dengan bangga menyampaikan sebuah kabar pendanaan terbaru.
Pendanaan ini terbilang istimewa. Oleh karenanya, sang pendiri sekaligus CEO, Achmad Zaky, akan menyampaikannya dalam sebuah pangung megah. Investasi itu (salah satunya) datang dari Naver Corp asal Seongnam, Korea Selatan.
Tim kumparan mendapatkan informasi ini dari salah seorang sumber terpercaya. Namun, kami belum mendapat informasi soal nilai investasinya.
Kami sempat mengkonfirmasi hal ini kepada Achmad Zaky di acara jumpa pers ulang tahun ke-9 Bukalapak, tetapi dia memilih untuk "no comment."
Pendanaan baru bakal dimanfaatkan Bukalapak untuk berbagai hal, termasuk pengembangan teknologi dan mempermudah metode pembayaran. Besar kemungkinan Bukalapak bakal memanfaatkan transfer knowledge bidang teknologi dari Naver ke para karyawan Bukalapak di Indonesia.
Perusahaan mesin pencari asal Korea Selatan, Naver. (Foto: Naver Corp)
Naver adalah perusahaan internet raksasa di Korea Selatan. Mereka sering disebut sebagai 'Google-nya Korea' karena mesin pencarinya disukai penduduk di sana.
Naver juga punya sejumlah produk lain di luar mesin pencari, termasuk layanan email, peta digital, e-commerce, media sosial, aplikasi streaming musik, dan pembayaran digital. Naver juga memiliki sejumlah anak perusahaan, yang paling tenar adalah Line Corporation di Jepang yang kini mengoperasikan aplikasi pesan sosial Line.
Bukalapak merupakan satu dari empat startup unicorn di Indonesia, yang valuasinya melebihi 1 miliar dolar AS. Perusahaan sedang agresif mengintegrasikan platform marketplace-nya dengan layanan dompet digital DANA, serta membangun ekosistem Mitra Bukalapak untuk mendorong 500 ribu warung 'naik kelas'.
Bukalapak sebelumnya mendapatkan investasi dari situs perbandingan harga Aucfan, pemodal ventura 500 Startups asal AS, dan GREE Ventures di Februari 2014 untuk seri A. PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek Group) juga berinvestasi di seri B pada 2015.
Tahun 2016, Bukalapak menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan darma bakti kepada negara sehingga bisa dijadikan teladan.
Hingga usianya yang ke-9 tahun ini, Bukalapak mengklaim punya 4 juta pelapak (sebutan untuk merchant di Bukalapak) dan 50 juta pengguna di Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: