Pencarian populer

Gandeng RRQ, PSG Terjun ke Divisi eSports Mobile Legends di Indonesia

Kerja sama PSG dan tim Mobile Legends RRQ. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

Industri eSports di Indonesia mulai dilirik pemain besar dari luar negeri. Klub sepak bola ternama asal Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), mengumumkan bekerja sama dengan tim eSports asal Indonesia, Rex Regum Qeon (RRQ). Kolaborasi ini dilakukan melalui divisi eSports miliknya, PSG eSports, khusus dengan divisi 'Mobile Legends: Bang Bang' dari RRQ. Dengan begitu, RRQ siap mengusung nama baru untuk mengarungi turnamen Mobile Legends Professional League (MPL) Season 3 yang akan digelar mulai 16 Februari hingga 31 Maret 2019 mendatang. Nama baru tim ini adalah PSG.RRQ. Managing Director Paris Saint-Germain Asia-Pacific, Sèbastien Wasels, mengatakan kolaborasi yang terwujud dengan RRQ ini merupakan komitmen PSG untuk mendukung pertumbuhan industri eSports di Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Dan yang membanggakan adalah Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang dilirik oleh PSG untuk berkolaborasi. "Saya turut bangga dengan pertumbuhan eSports di Asia Tenggara dan Indonesia saat ini. Untuk itu, kami berkolaborasi dengan salah satu tim eSports terbaik di Indonesia, RRQ. RRQ bersama PSG siap mencetak pemain-pemain terbaik, serta menjadikan tim ini sebagai top brand," kata Wasels, dalam acara pengumuman kolaborasi PSG dan RRQ di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (8/2).

Loading Instagram...

Wasels mengungkapkan pemilihan tim RRQ bukan tanpa alasan. Kedua pihak telah melakukan penjajakkan sejak akhir tahun lalu. Menurutnya, kesamaan visi dan misi serta budaya tim menjadi hal utama dalam mewujudkan kolaborasi dengan RRQ. Divisi eSports PSG saat ini hanya akan fokus untuk mengembangkan divisi game Mobile Legends yang memiliki jumlah pengguna yang banyak di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. "DNA yang dimiliki PSG dan RRQ itu sama. Itulah mengapa tim kami memilih tim RRQ bukan karena mereka merupakan tim terbaik yang banyak memenangkan banyak turnamen atau apa," ungkapnya Wasels.

Kerja sama PSG dan tim Mobile Legends RRQ. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

Nantinya, kostum tim PSG.RRQ juga dipastikan bakal berubah mengikuti kostum yang dipakai tim PSG, lengkap dengan warna dan logo PSG. "Kostum kita juga akan berubah, jadi warna ungu ada logo PSG dan RRQ yang ukuran sama, tidak ada perbedaan. Kemudian jersey kami juga ada logo Nike-nya karena mengikuti dari klub PSG itu sendiri," ujar CEO RRQ, Andrian Pauline, saat ditemui di tempat yang sama. Andrian juga menjelaskan bentuk kolaborasi yang dilakukan PSG dan RRQ merupakan kerja sama strategis dalam pengelolaan tim dan brand. "Jadi bukan mereka invest money ke kita, itu belum, kemungkinan ke depan akan selalu ada," terangnya.

Andrian Pauline, CEO tim eSports RRQ. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

Saat ini, tim PSG.RRQ diperkuat oleh M. Ikhsan 'Lemon', Calvien 'InstincT', Diky 'Tuturu', William Setiawan 'Liam', James 'James' Chen, dan Tri Widyanto 'AyamJAGO'. PSG memang sudah lama terjun ke dunia eSports. Mereka mendirikan PSG eSports sejak 2016 dan telah memiliki berbagai tim eSports dengan divisi game yang berbeda-beda. Mobile Legends akan jadi cabang kelima yang digarap oleh PSG eSports. Saat ini mereka telah mempunyai tim FIFA, FIFA Online, Rocket League, dan Dota 2. Khusus untuk divisi Dota 2, PSG eSports juga menjalin kerja sama dengan LGD Gaming, tim eSports asal China. Tim PSG.LGD memiliki prestasi menjadi runner-up dalam turnamen Dota 2 terbesar di dunia, yaitu The International 2018 (TI8).

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: