• 5

Indonesia Negeri Instagram Stories

Indonesia Negeri Instagram Stories


Instagram

Instagram. (Foto: Freestocks.org (Public Domain))
Suatu hari saya sempat menggerutu soal banyaknya teman di jaringan Instagram yang mempublikasi konten Instagram Stories dengan jumlah yang besar. Sepuluh itu masih terbilang kecil, karena ada teman saya yang bisa posting Stories per hari mencapai 15, bahkan 20. Macam selebgram saja dia. Tetapi entah kenapa, saya tetap menonton Stories dari teman saya itu, karena kebetulan dia perempuan, cantik pula. Gerutu saya soal hal ini terjawab sudah, karena ternyata orang Indonesia itu doyan sekali membuat dan mempublikasi konten Instagram Stories. Mau bukti? Silakan simak data yang diungkap Instagram dan Facebook hari ini, Rabu (27/6), dalam sebuah jumpa pers di Jakarta. Instagram mengungkap data bahwa pengguna di Indonesia mengunggah konten dua kali lebih banyak dari jumlah konten rata-rata pengguna Instagram Stories secara global. Yes, inilah negeri Instagram Stories. Sayang, Instagram tidak mengungkap data yang lebih detail soal durasi atau rata-rata jumlah publikasi konten Story dari Indonesia. Pengguna Instagram Stories sendiri diungkap telah mencapai 250 juta pengguna aktif pada kuartal pertama 2017. Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati, mengatakan pesatnya pertumbuhan konten ini merefleksikan besarnya semangat komunitas di Indonesia untuk berbagi cerita, mengembangkan minat, serta mempererat jaringan pertemanan, lewat aplikasi Instagram. "Bagi mereka, berbagi momen penting bagian dari budaya sehingga tidak heran Indonesia menjadi salah satu penghasil konten Instagram Stories, dua kali lebih banyak dari rata-rata secara global," kata Sri Widowati

Instagram

Aplikasi jejaring sosial, Instagram. (Foto: Jofie Yordan)
Ada lagi kejutan lain dari Instagram tentang penggunanya di Indonesia. Perusahaan yang didirikan oleh Kevin Systrom itu mencatat Indonesia sebagai negara terbesar kelima yang mengadopsi fitur Instagram bisnis tools, setelah Amerika Serikat, Brazil, Rusia, dan Inggris. Posisi Instagram saat ini bukan cuma sebagai media pertemanan, karena ia mulai berkembang sebagai akun untuk berbisnis sampai berdagang. Sri Widowati berkata sejauh ini ada 80 juta pengguna Instagram yang mengikuti (follow) akun bisnis.
Dalam kesempatan ini, terungkap pula jumlah pengguna Instagram yang berasal dari Indonesia ada sebesar 45 juta pengguna aktif per bulan pada kuartal pertama 2017. Angka ini meningkat secara signifikan dari 22 juta pengguna aktif di awal 2016 lalu. Dengan jumlah itu, kita bangsa Indonesia dinobatkan oleh sebagai komunitas Instagram terbesar di kawasan Asia Pasifik. Media sosial Instagram di Indonesia memang semakin ramai. Ada yang jualan, ada yang memanfaatkan peluang sebagai admin akun gosip, ada juga yang memilih untuk jadi konten kreator berita, sampai dengan selebgram. Ledakan pengguna berikutnya mungkin masih akan tejadi di Instagram, dan kita nantikan saja kejutan-kejutan berikutnya dari Indonesia.

TeknologiMedia SosialAplikasi MobileInstagram

presentation
500

Baca Lainnya