Pencarian populer

Instagram Uji Cara Baru Kembalikan Akun yang Kena Hack

Logo aplikasi Instagram di smartphone Android. Foto: REUTERS/Thomas White
Pengguna Instagram tak jarang jadi sasaran empuk hacker untuk dicuri akunnya. Kalau sudah kena retas, si pembajak bisa saja menyalahgunakan akun tersebut untuk berbuat kejahatan demi keuntungan.
ADVERTISEMENT
Pengguna bisa saja mendapatkan kembali akunnya yang sudah di-hack itu. Namun, caranya cukup ribet karena mengharuskan pengguna untuk bersabar menunggu selagi pihak Instagram menyelidiki kasusnya hingga waktu yang tidak dapat dipastikan.
Melihat banyaknya kasus peretasan akun oleh hacker dan proses pemulihan akun yang lama, perusahaan akhirnya bakal memberikan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk mendapatkan kembali akses akunnya yang kena hack.
Lalu, bagaimana caranya?
Kalau kamu kena hack, biasanya kamu akan punya masalah ketika mau masuk ke akun Instagram. Kemudian, Instagram akan memintamu untuk memasukkan email atau nomor telepon yang terhubung dengan akun tersebut.
Instagram uji cara baru mengembalikan akun yang diretas. Foto: Instagram
Jika kamu sudah melakukan konfirmasi keduanya, maka Instagram bakal mengirimkan enam digit kode yang bisa digunakan untuk mendapatkan kembali akunmu. Cara ini mirip seperti cara login ketika kamu lupa password.
ADVERTISEMENT
Mudah bukan? Tapi perlu diingat, hacker mungkin saja juga sudah memiliki nomor ponsel dan alamat email-mu yang berpotensi bikin akun kembali diretas.
Instagram uji cara baru mengembalikan akun yang diretas. Foto: Instagram
Untuk memastikan hacker tidak memiliki akses lagi, Instagram mengklaim bahwa mereka melakukan beberapa tahap agar hacker tidak bisa menerima email berisi kode untuk memperbaiki akun korban.
“Ketika kamu menerima kembali akses pada akunmu, kami memastikan kembali bahwa hacker tidak bisa menggunakan kode yang kami kirimkan ke alamat email atau nomor telepon untuk mengakses akunmu lewat perangkat lain,” kata juru bicara Instagram, seperti dikutip The Verge.
Cara baru pemulihan akun yang diretas ini masih dalam tahap uji coba. Instagram belum mengungkap kapan fitur anyar ini diluncurkan ke semua pengguna.
Aplikasi Instagram. Foto: Reem Baeshen/Reuters
ADVERTISEMENT
Fitur Amankan Nama Akun Pengguna Selama Beberapa Waktu
Selain itu, Instagram juga baru saja meluncurkan fitur untuk melindungi username, jika pengguna berencana untuk menggantinya sementara waktu. Fitur ini akan menjaga username lama selama beberapa waktu setelah penggantian untuk memastikan kamu sudah benar-benar yakin untuk menggantinya.
“Memastikan username Anda aman selama beberapa waktu setelah penggantian nama akun, artinya username tidak akan bisa diklaim oleh orang lain jika kamu tidak bisa mengakses akunmu,” jelasnya.
Ilustrasi Akun Instagram Foto: Unsplash
Fitur menjaga nama akun Instagram ini sudah tersedia di Android dan akan segera hadir di perangkat berbasis iOS (iPhone dan iPad).
Sebelumnya, Instagram sempat menguji coba pengembalian akun yang di-hack menggunakan sistem pengenalan wajah. Teknologi tersebut akan meminta pengguna untuk selfie bersama dengan kertas bertuliskan kode yang telah dikirim ke email-nya. Namun, cara tersebut diakui perusahaan tidak selalu berhasil.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80