Pencarian populer

Kominfo Targetkan Palapa Ring Timur Selesai Pertengahan 2019

Menkominfo Rudiantara bersama PT Palapa Ring Barat. Foto: Kominfo

Nama Palapa Ring, mendadak jadi perbincangan publik. Hal ini dikarenakan Palapa Ring dijelaskan sebagai bagian dari 'infrastruktur atau tol langit' dalam pemaparan calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin.

Palapa Ring sendiri merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan kabel serat optik di Indonesia. Proyek ini terbagi menjadi tiga paket, yakni Barat, Tengah, dan Timur.

Untuk Paket Barat dan Tengah sudah selesai dibangun, masing-masing rampung pada Maret 2018 dan Desember 2018. Sementara Paket Timur masih dalam tahap pembangunan.

Menurut Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Latief, Palapa Ring Paket Timur dijadwalkan selesai pada pertengahan 2019. Progresnya sendiri telah mencapai sekitar 94 persen.

"Ada empat provinsi yang dijangkau oleh timur. Progress-nya 94,5 persen. Targetnya rampung pertengahan tahun," katanya di kantor Kominfo di Jakarta, Selasa (19/3).

Peta proyek Palapa Ring. Foto: Kominfo

Anang menambahkan, Palapa Ring Timur mencakup wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan pedalaman Papua. Wilayah tersebut dibentangkan kabel serat optik di darat dan di laut dengan panjang sekitar 6.876 kilometer. Palapa Ring Timur dikerjakan oleh PT Palapa Timur Telematika yang merupakan usaha bentukan Konsorsium Moratelindo-IBS Smart Telecom.

Pembangunan paket Timur ini terbilang lama dibanding paket Barat dan Tengah. Geografi di wilayah ini cukup menantang, karena Kominfo harus menembus banyak gunung yang memisahkan antar kota.

"Ini satu-satunya lokasi yang kita harus mengerahkan helikopter, sampai enam helikopter untuk keperluan logistik dan sebagainya," tutur Anang.

Palapa Ring ini, kata Anang, diharapkan bisa menyatukan semua wilayah di Indonesia, termasuk daerah pelosok dan perbatasan, dengan akses telekomunikasi internet kecepatan tinggi.

Saat ini, Palapa Ring paket Barat sudah rampung dibangun melewati daerah Dumai, Bengkalis, Siak, Tebing Tinggi, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Bembam (Batam), Tarempa, Ranai, Singkawang, Kualatungkal, dan Daik Lingga.

Begitu pula dengan Palapa Ring Tengah, telah dinyatakan selesai dibangun dan sukses uji coba yang diklaim berhasil mencapai kecepatan 40 Mbps untuk kecepatan akses unduhnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63