kumparan
10 Agu 2018 20:23 WIB

Liga eSports Tokopedia Battle of Fridays Digelar, Hadiah Rp 1,9 Miliar

Tokopedia Battle of Fridays (TBoF). (Foto: Indonesia Esports Premier League (IESPL))
Indonesia Esports Premier League (IESPL), sebuah organisasi dan penyelenggara turnamen game, bersama dengan platform e-commerce Tokopedia, resmi memperkenalkan kompetisi game baru bernama 'Tokopedia Battle of Fridays' atau TBoF.
ADVERTISEMENT
TBoF berbeda dengan turnamen game pada umumnya, karena untuk pertama kalinya di Indonesia kompetisi game mengusung konsep liga dan dipertandingkan setiap pekannya.
Giring Ganesha, selaku presiden IESPL, berkata kompetisi liga game ini ditujukan sebagai wadah bagi para atlet eSports untuk mengasah kemampuan, sehingga bisa menghasilkan talenta lokal terbaik untuk nantinya dikompetisikan di level internasional.
"IESPL memiliki visi dan misi untuk membawa eSports menjadi industri olahraga bergensi di Indonesia, seiring dengan tren dunia. Kami berharap kehadiran TBoF dapat membuat iklim kompetisi eSports di Indonesia semakin berkualitas, juga memotivasi lahirnya talenta baru di bidang ini," kata Giring dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (10/8).
Giring (Foto: Munady)
Turnamen dengan total hadiah Rp 1,9 miliar ini bakal menghadirkan 660 pertandingan selama enam bulan, dengan pertandingan perdana dimulai pada 10 Agustus 2018 dan berakhir pada 25 Januari 2019. Pertandingannya sendiri digelar di Highgrounds iCafe, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, setiap hari Jumat. Pertandingan TBoF juga ditayangkan di lewat platform streaming game Cube TV.
ADVERTISEMENT
Ada 12 tim eSports profesional Indonesia yang dipilih IESPL untuk ikut serta dalam TBoF. Mereka adalah EVOS, RRQ, NXL, Boom ID, XCN, Recca, Alter Ego, Capcorn, The Prime, Bigetron, Juggernaut, dan PG Barracx.
12 Tim yang Bertanding di TBoF. (Foto: Indonesia Esports Premier League (IESPL))
Para tim eSports ini akan bertanding dalam empat divisi game populer yang berbeda, terdiri dari tiga game komputer dan satu game mobile, yaitu Counter Strike Global Offensive, Dota 2, Point Blank, dan Mobile Legends.
Untuk formatnya sendiri, setiap divisi game punya klasemennya masing-masing. Seperti liga sepak bola, pemenang akan diganjar tiga poin, seri mendapat satu poin, dan kalah tidak mendapatkan poin.
Tim dengan poin terbanyak di akhir musim ditunjuk sebagai pemenang. Namun, jika ada dua tim meraih poin tertinggi, maka akan diadakan babak tambahan semacam play-off untuk menentukan pemenang TBoF.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan