• 0

London, Singapura, dan Barcelona Jadi Kota Terpintar di Dunia

London, Singapura, dan Barcelona Jadi Kota Terpintar di Dunia


London, Singapura, dan Barcelona

London, Singapura, dan Barcelona. (Foto: Unsplash, Instagram @maryann2311, dan Pixabay)
London, Singapura, dan Barcelona dinobatkan sebagai kota terpintar di dunia. Ketiga kota tersebut berhasil memanfaatkan teknologi untuk mengatasi masalah lalu lintas, polusi, hingga penggunaan energi.
Phillips Lighting dan SmartCitiesWorld menggandeng 150 ahli perencanaan kota dari seluruh dunia untuk menentukan kota-kota terpintar. Hasilnya, London, Singapura, dan Barcelona menduduki tiga peringkat teratas.
Tiga kota tersebut memiliki program kota pintarnya masing-masing. Seperti London yang digadang-gadang sebagai pusat teknologi di Eropa. Singapura yang dipuji karena infrastrukturnya, mulai dari pemanfaatan bawah tanah hingga transportasi.
Sementara Barcelona telah berhasil memanfaatkan penerapan teknologi untuk masalah krusial, salah satunya yakni menghemat pengeluaran untuk air bersih hingga Rp 710 juta. Ibu kota Spanyol tersebut juga mampu membuka setidaknya 47 ribu lowongan kerja berkat implementasi sistem bertajuk Internet of Things.
"Teknologi sudah bisa mengubah cara kota mengantarkan, mengoperasikan, dan memelihara fasilitas umum. Mulai dari pencahayaan, transportasi, konektivitas, hingga layanan kesehatan," ujar Manajer Phillips Lighting Jacques Letzelter, dilansir Power Engineering International, Rabu (14/2).
Namun begitu, Letzelter mengatakan bahwa penerapan teknologi tersebut kerap terhambat.
"Untungnya, ada banyak contoh sukses proyek kota pintar yang membuktikan hambatan dapat diatasi, dengan pendekatan kolaboratif dan integrasi teknologi yang tepat. Kota pintar dapat menghasilkan kehidupan yang lebih baik dan meningkatkan keamanan bagi warganya," imbuhnya.

TeknologiInternasionalInggrisSingapuraSpanyol

presentation
500

Baca Lainnya