Pencarian populer
Melihat Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia dari Tahun ke Tahun
Google Doodle HUT Republik Indonesia ke-73. (Foto: Google)
Mesin pencarian Google dikenal memiliki doodle yang kerap berganti-ganti setiap harinya. Pergantian doodle dengan desain-desain yang menarik ternyata dilakukan mengikuti tren atau peringatan tertentu dari berbagai hal di dunia.
"Doodle itu menyenangkan, mengejutkan, dan terkadang secara spontan mengubah logo Google untuk merayakan hari libur, peringatan sesuatu, dan kehidupan dari seniman terkenal, pionir, dan ilmuwan," tulis Google dalam situs resminya, tentang doodle di mesin pencariannya.
Dan pada Jumat, 17 Agustus 2018, Google kembali merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan doodle yang kali ini menampilkan adegan lomba balap karung.
Ya, ini memang bukan pertama kalinya Google membuat doodle untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Ternyata, hal ini sudah dilakukan Google selama bertahun-tahun setiap 17 Agustus.
Bagaimana saja ya bentuk doodle 17 Agustus yang dibuat Google sebelum tahun 2018 ini? Yuk, dilihat di bawah ini.

2017
Google Doodle 17 Agustus 2017. (Foto: Google)
Pada tahun 2017, Google Doodle untuk HUT Republik Indonesia kala itu dirancang dengan menampilkan berbagai suku yang ada di Indonesia berada di atas sebuah perahu. Ada pemandangan gunung di belakang perahu dan juga bendera merah putih yang terpasang.
Tema Google Doodle ini diketahui sebagai 'Bhinneka Tunggal Ika' yang digarap seniman Aditya Pratama.

2016
Google Doodle 17 Agustus 2016. (Foto: Google)
Google Doodle tahun 2016 menampilkan Paskibraka yang berseragam merah dan putih menggunakan topi peci dan membawa bendera merah putih. Kegiatan ini rutin dilaksanakan ketika hari kemerdekaan di Istana Kepresidenan.

2015
Google Doodle 17 Agustus 2015. (Foto: Google)
Dengan logo Google yang besar dan berwarna merah putih, doodle pada 17 Agustus 2015 menampilkan Tugu Proklamasi, Jakarta, di kedua huruf 'O' di Google. Tampak patung dari sosok Soekarno dan Mohammad Hatta ketika momen membacakan teks proklamasi, yang kemudian menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

2014
Google Doodle 17 Agustus 2014. (Foto: Google)
Di tahun 2014, Google menampilkan prosesi upacara bendera yang dilakukan anak SD (Sekolah Dasar) dalam doodle HUT RI-nya. Dirancang oleh seniman Jakarta, Tommy Chandra, doodle ini ingin memperlihatkan momen bahagia anak-anak ketika upacara bendera yang juga ditemani penduduk lokal.

2013
Google Doodle 17 Agustus 2013. (Foto: Google)
Simbol garuda berwarna emas dengan tegas menjadi yang paling mencocol dalam Google Doodle HUT RI pada 2013. Berada di tengah, simbol garuda itu diapit logo Google dalam desain yang berbeda dengan paduan warna merah dan putih.

2012
Google Doodle 17 Agustus 2012. (Foto: Google)
Tradisi lomba 17 Agustus sepertinya menjadi salah satu hal yang tak terlupakan dari Hari Kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 2012, Google menampilkan doodle dengan desain bertema lomba mengambil koin dari buah semangka, balap karung, juga lomba makan kerupuk.

2011
Google Doodle 17 Agustus 2011. (Foto: Google)
Tampil sederhana, Google Doodle pada 17 Agustus 2011 menyisipkan ilustrasi lomba panjat pinang yang identik dengan momen hari kemerdekaan. Ilustrasi tersebut hadir di bagian paling kanan dari logo Google.

2010
Google Doodle 17 Agustus 2010. (Foto: Google)
Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2010, Google membuat sebuah doodle dengan objek bunga sepatu dan penari Indonesia yang ditemani tulisan Google berwarna merah dan putih. Rancangan desain ini ingin menunjukkan kekayaan flora dan budaya yang ada di Indonesia.

2009
Google Doodle 17 Agustus 2009. (Foto: Google)
Bendera merah putih, yang merupakan bendera Indonesia, menjadi penghias Google Doodle pada 17 Agustus 2009. Desainnya sederhana, dengan didominasi paduan warna merah dan putih.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: