Pencarian populer

Orang Indonesia Ternyata Gemar Main Game 'Dinosaurus' di Google Chrome

Game 'Dinosaurus' Google Chrome (Foto: Google)

Koneksi internet yang mati ketika sedang asyiknya berselancar di browser memang mengesalkan. Tetapi saat itu juga kita bisa terhibur dengan game atau permainan yang disuguhkan oleh browser buatan Google, yakni Chrome.

Mungkin kamu sering menjumpai game dinosaurus berlari di Google Chrome saat koneksi internet mati. Game dinosaurus ini memang ikonik dan identik dengan Google Chrome.

Ketika kondisi internet sedang offline, pengguna bisa memainkan dinosaurus yang berlari dan membantunya untuk menghindari berbagai halangan berupa pohon kaktus.

Tapi siapa sangka ternyata orang Indonesia gemar memainkan game dinosaurus berjenis tyrannosaurus atau T-Rex ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh salah satu anggota tim Chrome UX engineer, Edward Jung, lewat blog resmi Google.

"Tidak mengherankan, sebagian besar pengguna berasal dari pasar dengan data seluler yang tidak dapat diandalkan atau mahal, seperti India, Brasil, Meksiko, atau Indonesia," ujar Jung, seperti dikutip dari blog resmi Google.

Ia menjelaskan bahwa Indonesia termasuk ke dalam negara yang jaringan atau koneksi internetnya belum terlalu baik, sehingga game dinosaurus itu sering muncul dan minta dimainkan.

Game dinosaurus telah dimainkan 270 juta kali setiap bulan, baik di laptop maupun ponsel. Game tersebut memulai debutnya di Chrome empat tahun lalu.

Tampilan offline Google Chrome (Foto: Google)

Asal mula game dinosaurus

Pada kesempatan ulang tahun ke-10 Chrome pekan lalu, tim desain Chrome mengungkap asal usul game dinosaurus itu tercipta. Ternyata, lahirnya game ini berasal dari ide ketika membayangkan keadaan offline itu seperti kembali ke zaman pra sejarah di mana belum ada internet.

"Ini adalah permainan untuk kembali ke zaman prasejarah ketika Anda tidak memiliki Wi-Fi. Setelan kaktus dan gurun adalah bagian dari ilustrasi pertama dari laman Anda sedang offline, sedangkan gaya visualnya adalah gaya seni piksel yang berasal dari ilustrasi kesalahan Chrome," kata salah satu anggota tim Chrome, Sebastien.

Sebastien menjelaskan jika game dinosaurus bisa dimainkan meski jaringan internet terkoneksi dengan baik, melalui link khusus chrome://dino dengan "mode arcade" sehingga pemain dapat berlatih untuk hasil yang terbaik.

Nilai tertinggi untuk game ini pun sudah diatur dengan maksimal 17 juta tahun, sama dengan jumlah waktu T-rex hidup di Bumi.

Apakah kamu salah satu penggemar game dinosaurus ini?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22