Pencarian populer

Tantang Netflix, Apple Rilis Layanan Streaming Video Apple TV Plus

CEO Apple Tim Cook memperkenalkan layanan baru Apple TV Plus. Foto: Stephen Lam/Reuters

Tak lagi jadi rumor, Apple akhirnya benaran menghadirkan layanan streaming video baru penantang Netflix. Dalam sebuah acara khusus yang digelar di Cupertino, California, AS pada Senin (25/3) waktu setempat, CEO Apple Tim Cook menyebut layanan barunya dengan nama Apple TV Plus.

Menurut Cook, Apple TV Plus akan menjadi wadah baru untuk menampung kreativitas para kreator konten untuk membuat video atau film secara eksklusif. Tidak hanya Netflix, layanan ini bakalan bersaing dengan pemain video streaming berlangganan lainnya, seperti Disney Plus, Hooq, Viu, dan layanan sejenisnya.

"Rumah baru bagi pendongeng paling kreatif di dunia yang menampilkan pertunjukan asli eksklusif, film, dan dokumenter," katanya.

Apple diperkirakan akan menghabiskan 2 miliar dolar AS sepanjang tahun 2019 ini untuk membuat konten original yang diharapkan dapat bersaing dengan konten dari pesaingnya.

Apple menggandeng banyak sineas ternama untuk bekerja sama dengan Apple TV Plus. Mereka di antaranya Steven Spielberg, Reese Witherspoon, Jennifer Aniston, Steve Carell, Jason Momoa, Alfre Woodard, Kumail Nanjiani, J.J. Abrams, Sara Bareilles, dan masih banyak lagi lainnya.

Apple TV Plus akan bebas dari iklan, pengguna bebas memilih konten yang ada sesuai permintaan, dan dapat melihat konten secara online maupun offline. Apple berencana meluncurkan layanan streaming videonya ini di lebih dari 100 negara pada musim gugur atau September tahun 2019 ini. Perusahaan hingga kini belum mengungkap berapa harga yang akan dibanderol untuk berlangganan Apple TV Plus.

Karya film dari sutradara kondang Steven Spielberg akan hadir di layanan baru Apple TV Plus. Foto: Stephen Lam/Reuters

Perubahan aplikasi Apple TV

Tim Cook tidak hanya mengenalkan layanan baru Apple TV Plus saja. Di saat bersamaan, ia juga mengenalkan pembaruan aplikasi Apple TV yang didesain ulang dan lebih canggih.

Apple juga fokus untuk membuat aplikasi Apple TV-nya bebas digunakan dan menjadi pusat dari berbagai langganan video konsumen oleh pihak ketiga. Pengguna Apple TV nantinya dapat memungkinkan untuk membayar layanan untuk HBO, Showtime, Starz, CBS All Access, dan tayangan lainnya langsung melalui aplikasi TV dan menonton semuanya di sana juga.

Apple akan menangani streaming dan menjanjikan kualitas gambar dan audio papan atas untuk semua saluran Apple TV yang ditawarkannya. Apple TV yang didesain ulang akan datang pada Mei 2019 dan menawarkan rekomendasi lebih dari 150 aplikasi video pihak ketiga yang akan terintegrasi dengan Apple TV Plus.

"Kami merancang pengalaman TV baru di mana Anda dapat membayar hanya saluran yang Anda inginkan, semuanya dalam satu aplikasi, dengan kata sandi yang sudah Anda miliki," kata Apple vice president of services, Peter Stern dilansir The Verge. "Tidak ada lagi yang memantul dari aplikasi ke aplikasi."

VP Services Apple Peter Stern di panggung peluncuran Apple TV Plus. Foto: Stephen Lam/Reuters

Namun, ada beberapa pengecualian untuk Netflix yang tidak mendukung aplikasi Apple TV yang baru, karena Netflix tidak menawarkan integrasi. Tetapi, Amazon dan Hulu akan membiarkan kontennya ditonton dalam aplikasi Apple TV, yang merupakan pencapaian signifikan bagi Apple.

Pengguna Apple TV dan Apple TV Plus dapat mengakses layanannya di banyak perangkat Apple. Perusahaan mengkonfirmasi Apple TV akan segera hadir di Mac, dan untuk aplikasi iTunes Movies dan TV bisa diakses di perangkat Samsung TV dan juga bakal tiba tv buatan Sony, LG, Vizio, dan lainnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23