kumparan
11 Apr 2019 19:15 WIB

Telkom Gandeng Grab untuk Garap Internet of Things

Penandatanganan MoU Telkom dan Grab di Telkom Digisummit 2019. Foto: Alfaddillah/kumparan
Telkom mengumumkan bekerja sama dengan perusahaan transportasi online Grab untuk melakukan kolaborasi di bidang Internet of Things (IoT). Penandatangan nota kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) antara kedua pihak dilakukan dalam acara Telkom Digisummit 2019 di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Kamis (11/4).
ADVERTISEMENT
Bentuk kerja sama ini adalah melakukan studi dan eksplorasi pada beberapa teknologi baru yang menjadi kebutuhan operasional di Grab dan menjadi bagian dari expertise Telkom.
Menurut Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, salah satu wujud dari kerja sama ini adalah bagaimana akurasi GPS pada aplikasi Grab akan lebih akurat nantinya.
"Kerja sama ini sangat membantu keamanan driver kita, khususnya di saat situasi yang sangat mendesak. Kerja sama ini juga membantu akurasi GPS kita yang lebih akurat," ungkap Ridzki, saat ditemui di sela Telkom Digisummit 2019.
Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata. Foto: Astrid Rahadiani/kumparan
Ke depannya, Ridzki berharap kerja sama ini menjadi awal untuk menggali potensi kerja sama lebih lanjut dengan model bisnis yang saling menguntungkan, serta dapat mendorong tumbuhnya ekosistem digital di Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Ini adalah kerja sama strategis yang kita lihat sangat menguntungkan untuk kedua belah pihak. Dan tentu ini menjadi detik awal dari kerja sama kita yang lebih baik lagi," tambahnya.
Tidak hanya bergerak di bidang transportasi digital, Grab juga berencana meningkatkan layanan yang lebih relevan sesuai kebutuhan masyarakat sebagai super app. Layanan itu bisa mencakup bidang kesehatan, travel, dan lain-lain.
"Decacorn kan status, yang lebih penting adalah strategi kita ke depannya lebih memperkuat Grab sebagai everyday super app. yang artinya layanan yang relevan untuk masyarakat. Khususnya di bidang healthcare dan travel," tambah Ridzki.
Untuk saat ini, Grab telah menyediakan berbagai layanan di dalam aplikasinya, seperti transportasi online (motor dan mobil), pengiriman barang, pesan antar makanan, hingga beli pulsa.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan