Pencarian populer

3 Tempat Terbaik Menyaksikan Tarian Sufi di Turki

Tari Sufi, Turki. (Foto: Shutter Stock)

Pernah menyaksikan atau mendengar tentang tarian Sufi? Ya, tari tradisional yang berasal dari Turki telah ada sejak abad ke-13.

Tarian Sufi atau yang dikenal juga sebagai whirling dervishes dianggap dapat menjadi bagian dari meditasi diri. Meditasi yang dilakukan melalui tarian Sufi memiliki kaitan yang erat dengan Tasawuf.

Hal inilah yang membuat para penari Sufi bisa berputar selama berjam-jam tanpa merasa pusing. Bahkan, karena banyak memiliki manfaat, tari Sufi juga banyak dilakukan oleh orang-orang dari negara lain.

Misalnya saja yang dilakukan 999 penari yang menari Sufi dalam acara Harlah Muslimat NU yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Minggu (27/1). Banyaknya penari yang ambil bagian dalam acara ini juga membuatnya memecahkan rekor MURI.

Namun, selain di Indonesia, nyatanya kamu juga bisa menikmati tarian Sufi langsung dari negeri asalnya, Turki. Dilansir The Culture Trip, berikut kumparanTRAVEL rangkum beberapa tempat untuk menyaksikan pertunjukkan tarian Sufi di Turki.

1. Galata Mevlevihanesi

*Galata Mevlevihanesi* (Foto: Shutter Stock)

Galata Mevlevihanesi adalah tempat pertama yang bisa kamu kunjungi untuk menyaksikan pertunjukkan tarian Sufi. Galata Mevlevihanes atau yang dikenal Kulekapi Mevlevihanesi adalah sebuah museum yang terletak di distrik Mevleviahane, Beyoglu, Istanbul.

Tempat ini memiliki sejarah panjang tentang tarian Sufi yang ada di Turki. Bangunan ini diketahui merupakan sebuah pondok sufi pertama yang didirikan pada tahun 1491.

Bangunan Galata Mevlevihanesi juga telah direnovasi beberapa kali, karena kerusakan yang terjadi akibat kebakaran dan gempa bumi yang terjadi di Istanbul. Hingga akhirnya, pada masa pemerintahan Sultan Abdulmecid (1823-1861) Galata Mevlevihanesi memiliki desain baru yang dipertahankan hingga saat ini.

Saat ini, Galata Mevlevihanesi menjadi salah satu tempat pameran untuk mengenalkan sejarah Sufi, seperti alat musik Sufi, karya seni, foto, dan peta bersejarah yang menunjukkan bekas pondok-pondok di seluruh Turki.

Di sini kamu bisa menonton pertunjukan tarian Sufi yang digelar setiap hari Minggu pukul 17.00 waktu setempat.

2. Sirkeci Train Station

Sirkeci Train Station (Foto: Shutter Stock)

Salah satu stasiun kereta di Istanbul ini juga menjadi tempat yang dapat kamu kunjungi untuk melihat pertunjukkan tarian Sufi di Turki. Terminal stasiun kereta api ini bersebelahan dengan Tanduk Emas di sebelah barat laut Taman Gulhane dan Istana Topkapi yang terkenal di Turki.

Stasiun Sirkeci dibangun pada tahun 1890 oleh Oriental Railway dan merupakan jalur kereta terpenting di era kekaisaran Ottoman yang menghubungkan Eropa dengan Istanbul.

Tak hanya itu, stasiun ini pernah menjadi pemberhentian terakhir dari kereta Orient Express yang terkenal dan beroperasi pada tahun 1883 hingga 1977 dari Paris ke Istanbul.

Selain bangunannya yang unik, stasiun ini juga menjadi salah satu museum di Turki yang memamerkan benda bersejarah yang ada di beberapa bagian stasiun.

Kamu juga bisa menyaksikan tarian Sufi yang digelar secara rutin setiap hari Senin, Selasa, Rabu, dan Minggu, pukul 19.30 waktu setempat dengan biaya masuk tertentu.

3. Hodjapasha

Hodjapasha (Foto: Wikimedia Commons)

Tempat terakhir untuk menyaksikan tarian Sufi dan melihat lebih jauh tentang sejarahnya adalah di Hodjapasha. Hodjapasha merupakan sebuah teater di Istanbul, Turki yang menggelar banyak pertunjukkan tari, tak terkecuali tarian Sufi.

Hodjapasha dulunya adalah sebuah Hammam (tempat pemandian di Turki) pada era Kekaisaran Ottoman, yang akhirnya direnovasi menjadi salah satu pusat budaya dan pertunjukan di Istanbul yang paling menarik.

Hodjapasha juga dilengkapi dengan visual yang menarik dengan pemetaan video secara 360 derajat. Pertunjukkan Tarian Sufi di tempat ini menjadi sangat unik, karena kamu juga bisa melihat pameran yang berisi koleksi benda-benda para penari Sufi (seperti pakaian dan instrumen) hingga patung yang menyerupai aslinya.

Pertunjukan tersebut berlangsung setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 19.00 waktu setempat dan dikenakan biaya masuk sebesar 22 dolar Amerika atau sekitar Rp 300 ribu (yang tiketnya juga dapat dibeli secara online). Pusat pertunjukan berteknologi canggih ini juga menyajikan pertunjukan tari tradisional Turki (termasuk tarian perut), serta pertunjukan tari Ottoman kontemporer yang disebut "White Rose".

Tertarik untuk berkunjung?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.35