Pencarian populer

4 Tips Menghemat Biaya Bagasi Pesawat agar Kantong Tak Bolong

Ilustrasi merapikan barang ke dalam koper (Foto: Shutter Stock)

Kenaikan tarif bagasi pesawat membuat sejumlah pengguna setia pesawat terbang tertunduk lesu. Bila biasanya mereka diperbolehkan memasukan bawaanya ke bagasi secara cuma-cuma hingga 20 kilogram. Kini, beberapa maskapai Low Cost Carier seperti Lion Air dan Wings Air mematok harga untuk bila penumpang ingin menaruh bawaanya di bagasi pesawat.

Setidaknya, mereka harus mengelontorkan uang mulai dari Rp 155 ribu hingga Rp 930 ribu. Tapi tak usah khawatir dan bingung, kamu bisa menyiasatinya dengan tips yang sudah kumparanTRAVEL rangkum berikut:

1. Packing dengan Benar

Ilustrasi barang bawaan dalam koper (Foto: Shutter Stock)

Hal paling mendasar yang bisa kamu lakukan adalah menata pakaianmu di koper sebaik mungkin. Ingat, kamu harus mengemasnya dalam koper kabin agar tidak dikenakan biaya tambahan.

Agar muat masuk ke dalam koper kabin, jangan bawa barang yang tak penting. Bila menginap di hotel, kamu bisa meninggalkan peralatan mandimu dan gunakan alat mandi yang disediakan hotel.

Kamu juga bisa menyiasatinya dengan membawa satu sepatu berwarna netral, sehingga bisa digunakan untuk pakaian warna apa saja. Usahakan pula untuk tidak membawa gadget yang tak penting.

2. Bandingkan Biaya Bagasi Antar Maskapai

Tiket Pesawat Murah (Foto: Thinkstock)

Bila bawaanmu banyak, kamu bisa menimbangnya terlebih dahulu. Setelah mengetahui berapa bebannya, kamu bisa mengecek tarif bagasi yang dikenakan tiap maskapai LCC.

Kemudian bila sudah, kamu bisa menghitung biaya pesawat plus biaya bagasi. Setelah diakumulasi, kamu bisa memilih biaya yang paling murah.

Kamu juga bisa mengecek tarif pesawat full service yang memberikan 20 kilo tanpa dikenakan biaya. Bisa saja lebih murah, kan?

3. Gunakan Kartu Kredit

Ilustrasi kartu kredit. (Foto: Pixabay)

Selanjutnya kamu bisa menggunakan kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai pilihanmu. Sebab, biasanya maskapai akan memberikan potongan harga, mulai dari ekstra bagasi 20 kg hingga diskon 5 persen juga untuk setiap pembelian tiket bila melakukan transaksi dengan kartu kredit rekananya.

“Banyak orang tidak tahu jika potongan berlaku untuk si pemesan dan (kadang-kadang) orang-orang yang masuk dalam pemesanannya,” ungkap seorang penulis keuangan, J.R. Duren, seperti dikutip Go Banking Rates.

4. Gunakan Pos untuk Kirim Barang

Managing Director TIKI (Foto: Dok. TIKI)

Tak jarang sekembalinya dari traveling bawaan yang tadinya sedikit akan menjadi membengkak. Penyebab utama adalah bawaan oleh-oleh yang membuat koper penuh.

Agar tak semakin rugi membayar biaya bagasi yang bisa membuat kantong jebol, kamu bisa menggunakan jasa pengiriman barang. Namun, kamu perlu memperhitungkan berapa biaya pengiriman, serta kapan barangmu akan datang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.34