kumparan
1 Jan 2018 14:34 WIB

5 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Anambas, Riau

Kepulauan Anambas, Riau (Foto: Instagram @amrazing)
Bagi traveler pencinta pantai-pantai eksotis, Kepulauan Anambas wajib masuk ke dalam daftar destinasi lilburan selanjutnya. Kepulauan yang terletak di Riau ini punya kecantikan luar biasa yang belum banyak diekspos wisatawan mainstream. Padahal, Anambas disebut sebagai kepulauan tropis tercantik se-Asia, lho!
ADVERTISEMENT
Kepulauan Anambas terdiri atas 255 pulau yang hanya 26 di antaranya berpenghuni. Terhampar di Laut China Selatan seluas 46.667 kilometer persegi, penduduk kepulauan tersebu tak lebih dari 50 ribu jiwa.
Untuk mendongkrak pariwisata Kepulauan Anambas, pemerintah telah mengoperasikan bandara perintis di Kepulauan Anambas yakni Bandara Letung Anambas. Bandara itu telah beroperasi sejak 22 November 2016. Maka tak ada alasan untuk tidak mengeksplorasi eksotisme Kepulauan Anambas.
Berikut 5 hal seru yang bisa dilakukan traveler di Kepulauan Anambas, Riau:
1. Berenang di laguna Pulau Bawah
Pulau Bawah, Anambas (Foto: Instagram @marischkaprue)
Pulau yang di Kecamatan Siantan Selatan merupakan salah satu tujuan utama di Kepulauan Anambas. Yang terkenal dari Pulau Bawah adalah ia memiliki laguna atau danau air asin di tengah-tengah gugusan daratannya. Karena kedalaman air yang dangkal, kamu bisa berenang cantik di sana!
ADVERTISEMENT
Saat berenang di laguna Pulau Bawah, kamu bisa menengok biota-biota laut di dasar air. Terumbu karang dipadu air biru jernih akan memanjakan matamu.
2. Melepas Penyu Belimbing di Pulau Durai
Pulau Duri, Anambas (Foto: Instagram @elviraputriayu)
Di Pulau Durai, terdapat penangkaran penyu belimbing atau penyu sisik. Terletak di Kecamatan Palmatak, penyu-penyu itu betah bertelur di antara pasir Pulau Durai.
Tiap sore, traveler bisa melihat puluhan penyu yang mendarat ke bibir pantai untuk bertelur. Kamu boleh menggambil foto mereka tapi jangan diganggu, ya!
3. Snorkeling di Pantai Penjalin
Snorkeling di Pulau Penjalin, Anambas (Foto: Instagram @snorkeling.anambas)
Pulau Penjalin merupakan salah satu pulau tapal batas di Indonesia. Terletak di Kecamatan Palmatak, pulau itu berbatasan dengan Malaysia, Singapura, dan Vietnam.
Kecantikan Pulau Penjalin bisa kamu nikmati dengan snorkeling. Tak hanya keindahan bawah laut, kamu juga bisa melihat gugusan pulau. Ketika lelah kamu bisa menepi di Pantai Tanjung Momong dan menikmati sunset super cantik di sana.
ADVERTISEMENT
4. Mencoba Mie Tarempa khas Anambas
Mie Tarempa khas Anambas (Foto: Instagram @tf_risa)
Lelah keliling pantai-pantai cantik di Kepulauan Anambas pasti membuat perutmu keroncongan. Mampirlah untuk mencicipi Mie Tarempa yang bisa kamu temui di hampir seluruh wilayah Anambas.
Mie Tarempa berbentuk pipih dan dicampur dengan cabe hijau yang menantang. Potongan ikan tongkol yang gurih menambah cita rasa sajian tersebut.
5. Mandi di Air Terjun Temburun
Air Terjun Temburun, Anambas (Foto: Instagram @alfonsusdeliguori )
Kepulauan Anambas tak hanya memiliki pulau-pulau eksotis yang tak habis dijelajahi dalam sekali kunjungan. Ada pula Air Terjun Terumbun di Desa Temburun, Kecamatan Siantan Selatan.
Menariknya, air terjun tersebut memiliki tujuh tingkat. Curahan airnya yang sangat jernih membuat kita ingin mandi dan bersatu dengan alam. Jika naik ke tingkatan ke tujuh, kamu bisa melihat pemandangan laut dan gugusan pulau Anambas.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan