Pencarian populer

5 Pasar Malam Terbaik dan Paling Populer di Asia

Pasar malam Luang Prabang di Laos (Foto: Shutter Stock)

Saat kamu traveling, banyak sekali cara atau kegiatan yang dapat dilakukan agar perjalananmu semakin menjadi momen yang tak terlupakan. Salah satunya adalah dengan datang ke pasar malam yang digelar di daerah tersebut dan menikmati semua hiburan yang dihadirkan.

Sebab, di pasar malam kamu bisa menemukan kebiasaan orang lokal di kawasan setempat atau hal-hal menarik yang tidak bisa kamu temukan di tempat lainnya.

Misalnya saja pasar malam Luang Prabang yang terkenal menjual minuman beralkohol yang berasal dari fermentasi ular atau pasar barang antik buruan para wisatawan di Thailand.

Ingin tahu lebih banyak lagi? Berikut lima pasar malam terbaik dan populer di kawasan Asia yang berhasil kumparanTRAVEL rangkum, yuk, simak!

1. Luang Prabang, Laos

Kain tenun yang dijual di pasar malam Luang Prabang, Laos (Foto: Shutter Stock)

Kawasan Luang Prabang adalah tempat terbaik bagi kamu yang sedang menyambangi Laos dan mencari tempat yang cocok dan murah untuk berbelanja. Di Luang Prabang terdapat dua jenis pasar, yaitu pasar harian yang buka sedari pagi hingga sore hari untuk memenuhi kebutuhan penduduk setempat.

Sedangkan pasar malam Luang Prabang yang hadir sejak tahun 2002, menghadirkan lebih dari 500 pedagang dalam dua zona. Yaitu zona makanan atau street food dan juga souvenir yang khas untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dengan harga miring dan tentunya dapat ditawar.

Buka mulai pukul 17.00-23.00 waktu setempat, di pasar malam terbesar di Laos itu kamu bisa menemukan kain tenun khas buatan suku Hmon hingga minuman beralkohol hasil fermentasi ular atau kalajengking. Karena menjadi salah satu destinasi terkenal di Laos, jangan heran jika kamu menemukan banyak turis berlalu lalang.

2. Shihlin, Taipei di Taiwan

Pasar malam Shihlin di Taipei, Taiwan (Foto: Flickr/Morgan Calliope)

Pasar malam Shihlin di Taipei dijuluki sebagai pasar malam terbesar dan terpopuler milik Taiwan. Menghadirkan berbagai jenis barang, seperti pakaian, souvenir, hingga makanan.

Menghadirkan lebih dari 500 orang penjual setiap harinya, kamu bisa bebas menentukan apa yang hendak kamu beli dengan berbagai pilihan model, bentuk, serta harga.

Buka mulai pukul 16.00-02.00 waktu setempat, pasar malam Shihlin akan memuaskan rasa ingin tahumu tentang kuliner Taiwan yang ikonik. Sebut saja oyster omelette dan stinky tofu (tahu yang sengaja dibusukkan), tempura, dan menutupnya dengan pearl milk tea.

3. Hoi An, Vietnam

Pasar malam Hoi An di Vietnam (Foto: Shutter Stock)

Identik dengan hiasan lampu lampion berwarna-warni, pasar malam di Hoi An sangat mudah dikenali saat kamu berada di Vietnam. Beroperasi setiap hari Jumat hingga Minggu, pasar malam yang buka mulai pukul 19.00-00.00 waktu setempat itu menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu tuju saat berada di Vietnam.

Pasalnya, bukan hanya karena desainnya yang warna-warni dan sangat indah jika diabadikan dalam foto, pasar malam Hoi An menawarkan suasana yang romantis, sangat cocok bagi kamu yang membawa pasangan. Lokasinya yang berada di kawasan kota tua memperkuat kesan klasik dalam pasar ini.

Pasar malam Hoi An menjual berbagai jenis pakaian, souvenir, lampion, dan tentunya street food yang tak kalah lezat. Tak perlu khawatir saat berkunjung ke Hoi An, karena kamu tidak akan 'ditipu' oleh para pedagang selayaknya kawasan turis lainnya.

Harga yang disematkan pada barang yang dijual umumnya sama dan standar sesuai dengan harga normal.

4. Phnom Penh, Kamboja

Pasar malam Phnom Penh di Kamboja (Foto: Flickr/Marco Verch)

Dikenal juga sebagai Phsar Reatry, pasar malam Phnom Penh di Kamboja harus masuk ke dalam daftar tempat yang wajib kamu kunjungi. Pasalnya, pasar malam di Phnom Penh benar-benar menampilkan kondisi malam di Kamboja secara lengkap dengan berbagai kearifan lokal dari kebiasaan para penduduk setempat di dalamnya.

Pasalnya pasar malam Phnom Penh biasanya dikunjungi oleh warga sekitar pada akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu. Beroperasi mulai pukul 17.30-23.30 waktu setempat, pasar yang hanya buka setiap Jumat hingga Minggu ini menjajakan beragam produk souvenir, fesyen, dan street food yang mampu memanjakan lidah.

Setelah lelah berbelanja, kamu bisa bersantai di sekitar area piknik dengan menggunakan tikar. Kalau kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan hiburan lokal di atas panggung yang berlokasi di tengah pasar secara gratis.

5. Rot Fai dan Chiang Mai Market, Thailand

Pasar antik Rot Fai di Thailand (Foto: Shutter Stock)

Bagi kamu yang menyukai barang-barang lawas dan antik, pasar malam Rot Fai di Thailand harus dijadikan sebagai salah satu destinasi wajib untuk kamu datangi. Karena Rot Fai menjual beragam pernak-pernik dan aksesoris lama yang biasa dijadikan sebagai koleksi. Kamu bahkan bisa menemukan vespa dan mobil antik di tempat ini.

Namun, apabila kamu lebih menyenangi pasar malam yang konvensional seperti empat opsi lainnya, kamu bisa menyambangi Pasar Malam Chiang Mai. Hanya berjarak tiga blok dari jalan Chang Klan, kamu bisa menemukan berbagai karya seni dan aksesoris menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

Penasaran dengan kuliner Thailand yang terkenal lezat? Tenang, di Chiang Mai kamu akan menemukannya dengan mudah.

Berminat memasukkan pasar malam dalam daftar liburanmu mengelilingi Asia?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60