Pencarian populer

5 Survival Kit yang Harus Dimiliki saat Traveling di Alam

Ilustrasi survival kit traveling (Foto: Pixabay)
Traveling di alam bebas memang sangat menarik. Misalnya saja hiking atau climbing di pegunungan, camping di tengah hutan, atau menyelam di lautan. Jalan-jalan jenis ini biasanya sangat digemari oleh traveler yang cinta alam.
ADVERTISEMENT
Selain karena sensasi dan tantangannya yang berbeda, traveling di alam bebas memang membutuhkan persiapan yang lebih banyak dan lebih matang. Hal ini dilakukan karena traveling jenis ini akan membuat manusia 'menantang' kekuatan dan kemampuannya di tengah alam.
Untuk itu, diperlukan persiapan yang tidak sedikit. Salah sedikit, nyawa bisa menjadi taruhannya. Kali ini kumparanTRAVEL merangkum beberapa peralatan dan perlengkapan traveling yang wajib kamu miliki untuk melengkapi persiapanmu menantang alam.
1. Swiss Army Knife
Swiss Army Knife (Foto: Pixabay)
Sebagai seorang traveler sejati, pisau Swiss Army yang multifungsi ini harus kamu miliki. Tak hanya sekadar pisau lipat, Swiss Army Knife dilengkapi juga dengan kikir kuku, gunting, kaca pembesar, pembuka botol, obeng kecil, hingga jam.
Swiss Army Knife (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Diproduksi oleh Victorinox, Swiss Army Knife umumnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 900 ribu. Bagi kamu yang ingin membeli, kamu bisa menemukan Swiss Army Knife dengan mudah di tempat yang menyediakan peralatan traveling, salah satunya yaitu di Tandike.
ADVERTISEMENT
Tandike adalah salah satu toko penyedia kebutuhan dan perlengkapan traveling outdoor. Lokasinya ada di beberapa daerah, salah satunya adalah di Pasar Minggu, dekat Halte Jati Padang.
2. Camping Lamp
Saat sedang traveling di alam bebas, pencahayaan yang cukup akan membantu kamu saat sedang beraktivitas di malam hari. Kurangnya intensitas cahaya di alam setelah senja mengharuskan kamu untuk membawa alat bantu pencahayaan berupa lampu atau senter.
Camping Lamp (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Tapi kalau harus membawa keduanya, tentu saja akan berat dan tidak bisa menghemat tempat. Adalah Camping Lamp, lampu kemping yang dapat pula digunakan sebagai senter ini bisa menjadi salah satu 'survival kit' kamu saat berpetualang.
Camping Lamp (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Bentuknya yang mungil dengan intensitas cahaya yang baik mampu membantu kamu untuk membawa perlenngkapan sambil menghemat tempat. Dibanderol dengan harga Rp 50 ribu, Camping Lamp hanya butuh 3 baterai ukuran A3 untuk menyala. Lampu ini juga dapat dibeli di Tandike.
ADVERTISEMENT
3. Emergency Blanket
Bagi kamu traveler yang suka naik gunung atau kemping di tengah hutan, membawa penghangat tubuh memang sebaiknya dilakukan. Pasalnya, udara yang terlalu dingin mampu menyebabkan rasa tidak nyaman saat beristirahat atau bahkan penurunan suhu tubuh di bawah rata-rata (hipotermia) yang dapat menyebabkan kematian.
Emergency Blanket (Foto: Pixabay)
Karenanya kamu bisa membawa selimut khusus yaitu Emergency Blanket. Tersedia dalam berbagai ukuran, Emergency Blanket memiliki sifat menyerap panas, sehingga mampu mencegah terjadinya hipotermia atau penurunan suhu tubuh secara tiba-tiba.
Emergency blanket (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Selimut ini terlihat hanya seperti lipatan kertas kilap biasa dan sangat tipis, sehingga muat disimpan di mana saja dan hemat tempat. Dibanderol dengan harga Rp 50 ribu, kamu juga bisa mendapatkan selimut ini di Tandike
ADVERTISEMENT
4. Convenient Disposable Urine Bag
Kantung urin (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Yang satu ini membantu kamu survive sebelum mencapai lokasi. Misalnya saja saat kamu sedang sangat ingin buang air kecil di perjalanan tetapi tidak menemukan tempat yang proper atau toilet umum. Sayangnya hanya kaum laki-laki yang dapat menggunakan kantung urin ini, karena menurut kumparan, akan sulit jika digunakan oleh perempuan.
Kantung urin (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Urin yang berada dalam kantung nantinya akan mengkristal, sehingga bisa dengan mudah dibuang ke tempat sampah. Setiap kotaknya berisi dua kantung urin yang di dalamnya terdapat produk kimia yang akan mengubah urin tersebut menjadi gel.
Untuk mendapatkan produk ini, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 48 ribu, pembeliannya dapat dilakukan di toko besar seperti ACE Hardware. Meski terkesan mahal, kamu pastinya tidak mau kan mengotori kendaraan dengan air seni?
ADVERTISEMENT
5. Diesel Multitools
Diesel Multitools (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Hampir mirip dengan Swiss Army Knife yang memiliki banyak guna, Diesel Multitools membawa tang sebagai produk utamanya. Sangat cocok untuk kamu yang traveling di alam bebas, Diesel Multitools bawaan Gerber ini tak hanya memiliki pisau di dalamnya, tetapi juga gergaji, kikir kuku, pembuka botol dan gunting.
Diesel Multitools (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)
Diberi harga sekitar Rp 700 ribu, Diesel Multitools dapat kamu temukan juga di berbagai toko online dan offline yang menyediakan peralatan traveling seperti Tandike.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81