kumparan
2 Sep 2019 13:09 WIB

5 Tempat yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Traveling ke Bali

Pantai Seminyak Foto: Shutter Stock
Berlibur ke Pulau Dewata, Bali, memang tidak pernah membosankan. Pesona Bali yang menawan seakan tak bisa ditolak oleh siapapun yang mengunjunginya. Beragam keistimewaan yang tersaji di Pulau Seribu Pura itu menjadikan Bali sebagai primadona wisata Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Bali memang istimewa. Banyak tempat yang bisa dieksplorasi di sana,” ujar Direktur Utama Dahayu Leisure, Rudi Waludjo dalam rilis resmi yang diterima kumparan. Mulai dari wisata alamnya yang memukau, tradisi, dan budayanya yang masih kental, hingga kuliner memanjakan lidah bisa kamu dapatkan di Bali.
Kali ini, kumparan akan memberikan kamu rekomendasi lima tempat yang tak boleh kamu lewatkan saat berada di Bali menurut Dahayu Leisure. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut.
1. Tanjung Benoa
Tanjung Benoa jadi salah satu destinasi terbaik bagi kamu yang senang melakukan beragam water sport. Di Tanjung Benoa, kamu bisa snorkeling, banana boat, jet ski, diving, hingga parasailing.
Selain melakukan water sport, kamu juga bisa menemui beragam spesies penyu di kawasan konservasinya. Untuk bisa sampai ke Tanjung Benoa, kamu cukup menyambangi Kecamatan Tanjung Benoa di Kabupaten Badung.
ADVERTISEMENT
2. Pura Uluwatu
Pantai Uluwatu, Bali Foto: Flickr / Vlad Ciutacu
Menawarkan wisata budaya yang eksotis di atas tebing setinggi 97 meter dengan panorama laut lepas, Pura Uluwatu memberi pengalaman tak terlupakan bagi kamu yang ingin menyaksikan keindahan senja di Bali. Tak mesti pada siang atau sore hari saja, malam hari di Pura Uluwatu juga sama indahnya.
Pertunjukan Tari Kecak di Pura Uluwatu, Bali Foto: Shutter Stock
Karena kamu bisa menyaksikan pertunjukan Tari Kecak yang ditarikan oleh 50-100 orang penari pria berpakaian adat di tengah pura. Seraya mengangkat tangan, mereka meneriakkan kata "cak-cak-cak" yang khas dan ikonik. Tarian kecak menggambarkan kisah Ramayana ketika melawan Rahwana dibantu oleh pasukan kera.
3. Beach Hopping
Turis berlibur di Pantai Kuta, Bali, Jum'at (4/1/2019). Foto: AFP/SONNY TUMBELAKA
Ada banyak pantai indah yang mesti kamu sambangi saat berada di Bali. Saking banyaknya, kamu juga pasti akan merasa kesulitan untuk menentukan pantai mana yang kamu anggap paling cantik, dan berkesan sepanjang perjalanan.
ADVERTISEMENT
Di antara sekian banyak pantai, kumparan merekomendasikan lima di antaranya. Yakni Pantai Kuta yang populer tepat di tengah Kota Kuta, Pantai Seminyak yang hits dan Instagenic, Pantai Amed yang berpasir hitam, Pantai Nusa Dua yang terkenal kebersihan dan keindahannya, dan yang terakhir Pantai Padang Padang yang jadi idola peselancar.
4. Garuda Wisnu Kencana
Tinggi GWK mencapai 121 meter dan terletak 264 meter di atas permukaan laut Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Salah satu destinasi wisata ikonik Bali yang tidak boleh kamu lewatkan saat traveling adalah Patung Dewa Wisnu yang tengah mengendarai Garuda, atau yang lebih dikenal sebagai Garuda Wisnu Kencana. Patung karya Nyoman Nuarta ini menempati posisi keempat sebagai patung tertinggi di dunia.
Selain itu, Garuda Wisnu Kencana juga dinobatkan sebagai patung terlebar di dunia; dengan lebar 64 meter dihitung dari bentang sayap terluar patung garuda. Garuda Wisnu Kencana dibuat selama 29 tahun dengan menggunakan bahan utama berupa campuran tembaga dan kuningan.
ADVERTISEMENT
Patung ini terbuat dari 754 modul dengan berat lebih dari 2.900 ton. Enggak sampai di situ saja, untuk membangun Garuda Wisnu Kencana dibutuhkan 21 ribu batang baja, dan 170 ribu baut sebagai penyambungnya.
5. Warung Nasi Bali Men Weti
Liburan ke Bali tentu saja tak lengkap jika kamu belum menyicipi sajian khasnya, yaitu nasi campur. Dahayu Leisure merekomendasikan Warung Nasi Bali Men Weti yang legendaris sejak 1970 ini sebagai lokasi makan hemat, dan enak yang tidak boleh dilewatkan.
Nasi campur Men Weti adalah sajian istimewa yang khas dengan rasa pedasnya. Harganya juga ramah dikantong, hanya sekitar Rp 40 ribu untuk dua orang. Menarik, kan.
Gimana, siap berlibur ke Bali?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan