Pencarian populer

6 Negara yang Memiliki Stasiun Kereta Api Paling Cantik di Dunia

Chhatrapati Shivaji Terminus, India (Foto: Flickr)

Fasilitas umum seperti bandara, stasiun kereta api, halte, hingga pelabuhan dibuat untuk menunjang mobilitas warganya. Tak jarang pula fasilitas umum tersebut dirancang sedemikian rupa demi membuat masyarakat lebih nyaman atau menarik perhatian.

Tak terkecuali seperti stasiun di berbagai negara yang dirancang seapik mungkin. Mulai dari adanya taman di tengah stasiun, patung yang sedang membawa lampu, hingga menara jam yang menjulang tinggi.

Sebagai contoh, ada enam negara yang memiliki arsitektur unik dan indah pada stasiun kereta apinya. Penasaran seperti apa rupa cantik stasiun tersebut? Berikut rangkumannya :

1. Belgia

Liège-Guillemins Station, Belgia (Foto: dok : Flickr)

Pertama ada Belgia yang mempunyai stasiun kereta api yang cantik dan menawan bernama Liège-Guillemins Station. Dibangun pada 2009 silam, stasiun utama di Liège ini dirancang oleh Santiago Calatrava.

Yang menjadi daya tarik dari Liège-Guillemins Station adalah atap gelombangnya yang terbuat dari kaca. Tak hanya memiliki atap yang unik saja, beragam fasilitas juga bisa ditemui di stasiun tersibuk ke-11 di Belgia tersebut. Sebut saja berbagai macam toko yang berjejer dengan rapi, deretan kafe, hingga tempat penitipan anak.

2. Spanyol

Madrid Atocha Railway Stasion, Spanyol (Foto: dok : Flickr / Merche)

Madrid Atocha Railway Stasion, merupakan stasiun indah lainnya yang terletak di Spanyol. Berada di lahan seluas 13 ribu meter persegi, Madrid Atocha Railway Stasion menjadi stasiun terbesar di Madrid.

Dirancang oleh arsitek bernama Alberto de Palacio Elissagne, yang menjadi daya tarik adalah hadirnya sebuah taman besar yang berada di tengah stasiun.

Taman tropis seluas 4 ribu meter persegi itu menampung lebih dari 7 ribu tanaman dari 260 spesies. Di sekelilingnya dilengkapi kursi yang bisa digunakan oleh penumpang saat transit dan ingin menikmati suasana sejuk, serta indahnya taman tersebut.

3. Finlandia

Helsinki Central Station, Finlandia (Foto: dok : Flickr / Artfolc)

Selanjutnya ada Helsinki Central Station. Stasiun yang dibangun pada 1919 silam itu memiliki empat patung yang menjadi ciri khasnya.

Empat patung yang menjulang tinggi tersebut sedang memegang lampu bulat dan berdiri kokoh di kedua sisi pintu masuk. Selain itu, stasiun yang dirancang oleh arsitek asal Finlandia bernama Eliel Saarinen, juga memiliki bangunan dengan arsitektur art nouveau yang mengagumkan.

Tak hanya sedap dipandang dari luar saja, pada bagian dalam stasiun terdapat karya seni dari seniman realis Finlandia, Eero Järnefelt. Saking indahnya, pada 2013 lalu stasiun ini mampu menyabet gelar sebagai stasiun kereta terindah di dunia versi BBC.

4. Prancis

Gare de Metz-Ville, Prancis (Foto: dok : Flickr / Fred Romero)

Prancis tak hanya menawarkan menara Eiffel-nya yang mampu membuat orang-orang berdecak kagum. Tapi juga karena memiliki stasiun dengan arsitektur menawan bernama, Gare de Metz-Ville.

Dengan arsitektur bergaya neo-Romanesque, Gare de Metz-Ville memiliki panjang 350 meter. Stasiun yang didominasi warna abu-abu tersebut memiliki bangunan yang menyerupai sebuah gereja dan juga dilengkapi dengan menara jam setinggi 40 meter.

5. India

Chhatrapati Shivaji Terminus, India (Foto: Flickr)

India juga tak mau kalah soal stasiun indahnya. Negara yang berada di Asia Selatan itu bahkan mempunyai stasiun yang diakui UNESCO.

Chhatrapati Shivaji Terminus, adalah stasiun dengan arsitektur megah yang dibangun pada akhir 1890-an. Bangunan satu ini memiliki gaya arsitektur Victorian Italianate Gothic Revival yang dirancang oleh arsitek Inggris, Frederick Wilian Stevens.

Setiap harinya, stasiun yang berada di dekat Laut Arab ini dikunjungi lebih dari tiga juta penumpang. Selain itu, pemandangan malam hari di stasiun ini pun sangat indah. Sebab, ada lampu sorot warna-warni yang akan menyinari stasiun dengan ornamen tradisional khas India.

6. Jepang

Kanazawa Station, Jepang (Foto: dok : Flickr / Todd Fong)

Terakhir datang dari Negeri Matahari Terbit, Jepang. Di sana ada Kanazawa Station yang mempunyai stasiun dengan arsitektur unik.

Pada bagian depan stasiun, ada gerbang raksasa Tsuzumi-mon sebagai simbol instrumen musik Jepang. Selain itu, kubah kaca Motenashi Dome yang berbentuk payung kaca raksasa juga akan menyambut para penumpang kereta.

Bagaimana menurutmu?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: