kumparan
18 Sep 2019 11:02 WIB

Bandara di Amerika Serikat Ini Jadi Bandara Tersibuk di Dunia

Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport Foto: Shutter Stock
Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta, Amerika Serikat, kembali dinobatkan sebagai bandara tersibuk di dunia. Hal ini terungkap dari laporan Dewan Bandara Internasional (ACI) yang merilis daftar bandara paling sibuk di dunia pada 2019.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu saja, di dalam laporan tersebut juga diketahui tren lalu lintas bandara dan analisa tentang pasar penerbangan di dunia.
Dilansir Travel and Leisure, Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta keluar sebagai peringkat pertama, karena bandara tersebut dapat menampung lebih dari 107 juta penumpang. Bandara Atlanta juga mengalami peningkatan jumlah penumpang 3,3 persen.
Hasil ini pun membuat Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta, Amerika Serikat, dinobatkan sebagai bandara tersibuk di dunia selama 21 tahun berturut-turut.
Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport Foto: Shutter Stock
Menurut Direktur Jenderal ACI, Angela Gittens, dalam laporan itu juga disebutkan bahwa tren penumpang di dunia yang menggunakan pesawat meningkat jadi 8,8 miliar dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan penumpang yang menggunakan pesawat terbang meningkat sekitar 6,4 persen.
"Laporan lalu lintas bandara dunia menunjukkan bahwa bandara yang bahkan lebih kecil di seluruh dunia terus membuat keuntungan yang kuat, bandara hub terbesar terus tumbuh," kata Angela dalam sebuah pernyataan.
ADVERTISEMENT
Sedangkan urutan bandara tersibuk kedua di dunia ditempati oleh Bandara Beijing yang dilewati sekitar 100 juta penumpang dengan pertumbuhan penumpang sebesar 5,4 persen pada 2018.
Posisi ketiga adalah Bandara Dubai yang dilewati 89 juta penumpang, yang meningkat hanya 1 persen. Dubai merupakan bandara jajaran atas untuk lalu lintas penumpang internasional. Sedangkan posisi keempat dan kelima ditempati oleh Bandara Internasional Los Angeles dengan 87,5 juta penumpang dan Bandara Haneda di Jepang dengan 87,1 juta penumpang.
Sementara itu, Bandara Internasional O'Hare Chicago dinobatkan sebagai bandara dengan jumlah kedatangan dan keberangkatan lebih banyak daripada yang lain. Tercatat ada sekitar 904 ribu pergerakan pesawat pada tahun 2018, yang mencakup penerbangan pesawat kargo dan penumpang.
ADVERTISEMENT
Di posisi ketujuh dan kedelapan ditempati oleh Bandara Heathrow London dengan 80,1 juta penumpang dan Hong Kong International Bandara dengan 74,5 juta penumpang. Sedangkan posisi kesembilan dan ke-10 ditempati oleh Bandara Internasional Pudong Shanghai dan Bandara Charles de Gaulle Paris dengan jumlah 74 juta dan 72,2 juta penumpang.
Berikut daftar bandara tersibuk di dunia pada 2018.
1. Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport (Georgia, AS) - 107 juta penumpang
2. Beijing Capital International Airport (China) - 100 juta penumpang
3. Dubai International Airport (UAE) - 89 juta penumpang
4. Los Angeles International Airport (California, AS) - 87,5 juta penumpang
5. Haneda Airport (Jepang) - 87,1 juta penumpang
6. O'Hare International Airport (Illinois, AS) - 83,2 juta penumpang
ADVERTISEMENT
7. Heathrow Airport (Inggris) - 80,1 juta penumpang
8. Hong Kong International Airport (China) - 74,5 juta
9. Shanghai Pudong International Airport (China) - 74 juta penumpang
10. Paris Charles de Gaulle Airport (Prancis) - 72,2 juta penumpang
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan