kumparan
15 Mar 2019 16:31 WIB

Batik Air Resmikan Rute Baru Jakarta - Kunming, China

Stone Forest di Kunming, Yunnan Foto: Shutter Stock
Maskapai penerbangan Batik Air baru saja meresmikan rute baru charter non-stop Jakarta menuju Kunming, Provinsi Yunnan, China. Maskapai milik Lion Air Group tersebut bekerja sama dengan Grand China Travel untuk melayani traveler Indonesia yang berencana untuk melakukan eksplorasi budaya, bisnis, hingga wisata alam di gerbang Provinsi Yunnan tersebut.
Dianchi Lake atau dikenal pula sebagai Dian Lake di Kunming, Yunnan, China Foto: Shutter Stock
Pasalnya, Kunming dikenal sebagai 'Destinasi Musim Semi Abadi' oleh para traveler, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Karena iklim hangat dan bunga yang bermekaran di sepanjang tahunnya. Apalagi Kunming menjadi pusat kebudayaan, perekonomian, bisnis, komunikasi, hingga administrasi di Yunnan, China.
ADVERTISEMENT
Beberapa destinasi yang bisa kamu temukan di Kunming antara lain, hutan batu dengan luas 500 kilometer persegi yang dikenal sebagai StoneForest. Golden Horse dan Emerald Rooster yakni gerbang simbol kota Kunming, dan Yuantong Temple yang menjadi kuil utama Kunming.
Kuil Buddha Yuantong Temple di Kunming, Yunnan Foto: Shutter Stock
Dalam keterangan resmi yang diterima kumparan, Batik Air telah melayani penerbangan pergi pulang (PP), dengan jadwal 1 Maret - 30 April 2019 menggunakan armada bernomor pesawat ID-7603 dengan rute penerbangan Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) menuju Bandar Udara Internasional Kunming Changsui, Yunnan, Tiongkok (KMG).
Jadwal penerbangan tersebut hadir sebanyak dua kali dalam sepekan, yaitu Rabu dan Minggu pukul 19.00 WIB dan tiba pada 01.10 waktu setempat. Untuk penerbangan pertama Batik Air membawa 144 tamu dewasa dan satu anak.
Peresmian rute penerbangan Jakarta - Kunming, Yunnan Foto: Dok: Lion Air Group
Sedangkan rute sebaliknya, penerbangan perdana tersebut telah membawa 113 tamu. Batik Air terbang dari Bandar Udara Interasional Kunming pada Senin dan Kamis, pukul 02.10 waktu setempat menggunakan nomor ID-7602 yang akan tiba di Soekarno-Hatta, Tangerang pukul 06.20 WIB.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk periode 1 Mei 2019 hingga 29 Februari 2020, Batik Air akan terbang tiga kali sepekan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta setiap Rabu, Jumat, Minggu dan sebaliknya pada hari Senin, Kamis, Sabtu dari Bandara Internasional Kunming dengan waktu keberangkatan yang sama.
Peresmian rute penerbangan Jakarta - Kunming, Yunnan Foto: Dok: Lion Air Group
Chief Executive Officer (CEO) Batik Air Capt. Achmad Luthfie, mengungkapkan bahwa pembukaan destinasi ini menjadi bukti komitmen Batik Air dalam menghubungkan antardestinasi internasional, sekaligus memperkuat layanan dan jaringan Batik Air.
“Bersama dengan Grand China Travel, kami optimis bahwa perkembangan dan pertumbuhan pariwisata nasional semakin pesat seiring mendukung program pemerintah untuk mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan asing. Hal tersebut ditandai dengan akses mudah bagi wisatawan mancanegara, khususnya dari Kunming yang berkunjung ke Indonesia melalui Jakarta. Batik Air siap melayani dan mengakomodir kebutuhan wisatawan dalam negeri yang ingin berlibur ke Kunming,” papar Capt. Luthfie.
ADVERTISEMENT
Dibukanya rute penerbangan Jakarta - Kunming menjadi pelengkap destinasi internasional milik Batik Air, setelah Singapura, Kota Kinabalu di Malaysia, India, Perth di Australia, dan Kota Guilin di China. Bagaimana denganmu, tertarik menyambangi kota di bagian barat Guangzhou, China yang Instagenic ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan