Pencarian populer

Cara Unik Bandara di Skotlandia Atasi Rasa Cemas Naik Pesawat

Ilustrasi anjing poodle. Foto: harvey117 via Pixabay

Bagi sebagian orang, naik pesawat kerap menjadi momok menakutkan. Melihat hal ini, Bandara Aberdeen yang berada di Skotlandia punya trik jitu untuk mengatasinya.

Sejak 4 Mei lalu, bandara berkode ABZ ini menggunakan anjing untuk terapi guna membantu menenangkan penumpang yang takut naik pesawat. Tak main-main, pihak bandara langsung menghadirkan empat belas anjing dari berbagai jenis.

“Membelai anjing akan memperlambat detak jantung dan mengurangi tekanan darah sehingga penumpang yang gugup dengan perjalanannya akan merasa sangat terbantu,” kata Diane Wood, pihak dari Therapet sebuah lembaga yang menyediakan anjing, seperti dikutip dari Guardian.

Dilansir dari Guardian, tim terapis ini dijuluki Canine Crew. Dengan ciri mengenakkan syal kuning bertuliskan ‘therapet’.

Saat bertugas, Canine Crew bekerja secara berpasangan selama dua jam setiap satu minggu sekali. Hewan menggemaskan ini akan berbaur dengan penumpang di bandara.

Sebelum bertugas pun, anjing terapi ini telah dilatih untuk memberikan rasa nyaman kepada penumpang pesawat dalam situasi penuh tekanan.

“Semua anjing kami telah menjalani pelatihan dan penilaian yang ketat untuk bekerja di berbagai lingkungan. Anjing-anjing ini juga terbiasa dibelai sehingga mereka akan menarik perhatian dan benar-benar menikmati kesempatan untuk berinteraksi dengan penumpang dan staf, ” papar Wood.

Meski metode ini telah lama digunakan di rumah sakit dan sekolah, tetapi pihak Bandara Aberdeen mengatakan proyek ini pertama kali digunakan di bandara Skotlandia. Ia juga mengatakan bila pihaknya juga merasakan manfaat bagi kesehatan mental dan kesejahteraan staf.

"Anda pasti tersenyum ketika melihat mereka (anjing). Sangat menyenangkan melihat anjing yang sangat ramah dan berperilaku baik (sementara) Anda biasanya melihat anjing mencari narkoba di bandara,” kata Rob Hobkirk yang sedang check-in untuk penerbangan jarak jauh ke Australia dengan rekannya Anne-Marie.

Di sisi lain ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anjing dapat meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan, mengurangi stres dan menenangkan saraf.

Jadwal shift Canine Crew untuk enam minggu pertama sudah di-posting, sehingga penumpang dapat mengetahui terlebih dahulu anjing mana yang akan bekerja. Penumpang juga bisa membaca biografi anjing terlebih dahulu.

Lucunya, karena hal ini, orang-orang ingin terbang dari Aberdeen karena Canine Crew hanya hadir di sini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33