Pencarian populer

Lagi, Changi Airport Singapura Didaulat Sebagai Bandara Terbaik Dunia

Suasana bandara Changi di Singapura. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

27 Maret kemarin, Skytrax, perusahaan konsultan yang melakukan riset mengenai maskapai penerbangan, menggelar acara World Airport Awards 2019 yang bertempat di EXPO Passenger Terminal di London, Inggris. World Airport Awards sendiri merupakan penghargaan paling bergengsi untuk industri bandar udara.

Untuk penentuan pemenangnya sendiri didapat melalui survei kepuasan pengunjung bandara. Lebih rincinya ada 13,5 juta survei kuesioner yang diisi oleh lebih dari 100 kewarganegaraan pengunjung bandara selama enam bulan periode survei.

Adapun survei tersebut berisi evaluasi terkait pengalaman pengunjung di seluruh layanan bandara dan indikator kinerja utama produk, yakni mulai dari check-in, kedatangan, transfer, belanja, keamanan, imigrasi hingga keberangkatan di gerbang.

Suasana bandara Changi di Singapura. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Dan setelah enam bulan bergelut, Skytrax mengeluarkan 10 peringkat teratas untuk penghargaan Bandara Terbaik Dunia pada tahun 2019, yaitu:

  1. Bandara Changi di Singapura

  2. Bandara Internasional Tokyo (Haneda) di Jepang

  3. Bandara Internasional Incheon di Korea Selatan

  4. Bandara Internasional Hamad (Doha) di Qatar

  5. Bandara Internasional Hong Kong

  6. Bandara Internasional Jepang

  7. Bandara Munich di Jerman

  8. Bandara Heathrow London di Inggris

  9. Bandara Internasional Narita di Jepang

  10. Bandara Zurich di Swiss

Ya, Changi Airport kembali menerima penghargaan sebagai Bandara Terbaik Dunia untuk tahun ini. Rupanya, selain tahun 2019, bandara berkode SIN itu sudah sepuluh kali dalam 20 tahun terakhir mendapat predikat yang sama dan tujuh di antaranya diraih setiap tahunnya.

Hebatnya lagi, dalam kesempatan yang sama, Changi Airport juga memborong penghargaan untuk Fasilitas Kenyamanan Bandara Terbaik Dunia dan Bandara Terbaik di Asia.

Changi Airport Medapat Penghargaan Best World Airport 2019 dari Skytrax Foto: istimewa

“Dipilihnya Changi Airport sebagai Bandara Terbaik Dunia selama tujuh tahun berturut-turut merupakan pencapaian yang benar-benar luar biasa untuk Bandara Changi dan penghargaan ini terus mempertegas popularitas Bandara Changi di kalangan wisawatan udara internasional.

Bandara Changi sangat fokus untuk terus meningkatkan pengalaman pengunjung bandara dan berinovasi dengan fitur produk dan layanan baru,” ungkap Edward Plaisted, Direktur Utama Skytrax, seperti dikutip dari rilis resmi yang diterima kumparan.

Sebagai tambahan, Changi Airport juga berada diposisi ketujuh sebagai bandara paling sibuk untuk rute internasional.

Selama 38 tahun berdiri, bandara di timur Kota Singa ini pernah 'mendapat rekor' karena melayani sebanyak 62,2 juta penumpang dari seluruh dunia serta menangani 2,13 juta ton pengiriman barang keluar pada tahun 2017.

Lebih lanjut, setidaknya Changi Airport juga menangani sekitar 7.200 penerbangan setiap minggu, atau sekitar satu setiap 80 detik. Serta memiliki lebih dari 100 maskapai penerbangan yang menyediakan rute ke 400 kota di seluruh dunia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55