Pencarian populer
Cegah Stres dengan Lakukan 4 Tips ini Saat Pemeriksaan di Bandara
Pemeriksaan Bandara. (Foto: Thinkstock)
Melewati loket pemeriksaan keamanan yang dijaga oleh TSA (Transportation Security Administration) di bandara jelang penerbangan tanpa disadari bisa membuat kamu stres sendiri.
Bukan hanya karena kamu mesti melepaskan barang-barang yang kamu gunakan seperti ketentuan yang berlaku, tapi juga bisa karena panjangnya antrean yang membuat waktu tunggu kamu menjadi lama. Alhasil, bukan hanya melelahkan, tapi mood juga bisa berubah jadi jelek.
Dilansir Smarter Travel, untuk menghindari hal ini kumparanTRAVEL telah merangkum lima tips menarik yang bisa kamu lakukan saat melewati pemeriksaan bandara. Berikut ulasannya.
1. Melepaskan Ikat Pinggang, Arloji, dan Jaket Sembari Antre
Baki Plastik di Bandara (Foto: Flickr / David Art Wales)
Sebelum memulai penerbangan, kamu diharuskan untuk melewati gerbang pemeriksaan keamanan yang dijaga oleh TSA. Untuk dapat melewati gerbang pemeriksan itu, kamu mesti melepaskan ikat pinggang, jam tangan, dan jaket untuk memudahkan pengecekan lewat scanner.
Agar tidak membuat antrean menjadi terlalu panjang dan penumpang lainnya menunggu terlalu lama, kamu bisa melepaskan aksesoris tersebut secara bertahap sembari mengantre ketika urutanmu sudah mulai dekat.
Ilustrasi mengantre. (Foto: Thinkstock)
Ketika giliranmu tiba, kamu tinggal menempatkan barang milikmu bersama dengan ponsel ke dalam tray bandara untuk dimasukkan ke dalam ban berjalan.
Bukan cuma memudahkan kamu saat melewati pengecekan, kamu juga membantu orang lain untuk tidak 'buang-buang waktu' karena menunggumu yang terlalu lama melakukan 'persiapan'.
2. Persiapkan Boarding Pass dan Kartu Identitas di Tempat yang Mudah Dijangkau
Ilustrasi boarding pass. (Foto: Shutterstock)
Untuk mempermudah pemeriksaan keamanan dan mempersingkat waktu, kamu bisa menempatkan boarding pass dan kartu identitasmu di tempat yang mudah dijangkau. Ketimbang menyimpannya dengan rapi dan menempatkan di bagian dalam tas, kamu bisa menempatkan dokumen penting tersebut di kantong atau di kantong depan sling bag.
Apabila kamu belum mengeluarkan dokumen tersebut dari dalam tas, akan lebih baik jika kamu mempersiapkannya sebelum atau sembari mengantre. Sehingga proses pemeriksaan akan lebih cepat, tidak memperpanjang antrean, dan tentunya tidak merepotkan petugas yang bekerja karena mesti menunggumu terlalu lama.
3. Tidak Bercanda Soal Bom
Ilustrasi ancaman bom (Foto: thinkstock)
Mungkin kamu menganggapnya hanya sekadar bercanda saja untuk mencairkan suasana, walau begitu bukan berarti lelucon tentang bom menjadi hal yang diwajarkan. Pasalnya, bercanda masalah bom di bandara merupakan aktivitas yang dilarang karena dapat mengganggu ketenangan umum dan berkaitan dengan keselamatan penumpang.
Tidak main-main, bercanda soal bom dapat diganjar hukum pidana sesuai Undang-Undang No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.
Tas penumpang Garuda yang bercanda soal bom. (Foto: Dok. Istimewa)
Beberapa contoh nyata penumpang yang ditahan pihak berwajib karena candaan tentang bom di antaranya adalah mahasiswa asal Wamena, Papua berinisial FN yang hendak terbang dari Pontianak menuju Jayapura menggunakan pesawat Lion Air JT 687.
Ada pula dua orang kader dari Fraksi Gerindra bernama Basuki Rachmad dan Nauval Badri saat hendak berangkat dari Bandara Banyuwangi ke Jakarta menggunakan Garuda Indonesia GA 265 pada Mei 2018 lalu.
4. Pastikan Cairan yang Dibawa ke Dalam Kabin Tidak Lebih Dari 100 ml
Ilustrasi toiletries untuk cairan yang akan dibawa ke dalam pesawat (Foto: Shutter Stock)
Bagi kamu yang hendak membawa cairan ke dalam kabin seperti sampo, sabun, parfum, atau pelembab wajah ke dalam kabin. Pastikan cairan milikmu dikemas dalam botol yang tepat sesuai dengan ukuran yang berlaku, yaitu 100 mililiter (ml).
Membawa cairan lebih dari 100 ml ke dalam kabin akan membuat barang milikmu disita atau dibuang oleh petugas. Cara terbaik dan teraman untuk membawa benda-benda cair dengan ukuran lebih dari 100 ml adalah dengan menempatkannya di dalam bagasi.
Meski begitu, ada beberapa cairan yang dikecualikan dari peraturan ini sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di bandara. Seperti ASI, susu bayi, dan obat-obatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: