Pencarian populer

China Punya Lift Outdoor Tertinggi di Dunia, Berani Coba?

Bailong Elevator (Foto: Shutter Stock)

China tidak hanya dikenal dengan destinasi wisatanya yang unik dan memanjakan mata. Di Negeri Tirai Bambu itu kamu juga dapat mengunjungi Bailong Elevator, yang dikenal sebagai lift outdoor tertinggi di dunia.

Dilansir Atlas Obscura, Bailong Elevator atau disebut sebagai "lift seratus naga" merupakan lift kaca yang dibangun di sekitar tebing yang sangat besar. Lift yang memiliki ketinggian 1.070 kaki atau sekitar 326 meter ini terletak di kawasan Wulingyuan Scenic yang merupakan bagian Zhangjiajie National Forest Park di China.

Zhangjiajie National Forest Park dikenal memiliki tebing-tebing batu yang spektakuler. Bahkan di antaranya memiliki ketinggian mencapai lebih dari 3.000 kaki atau 914 meter.

Bailong Elevator (Foto: Shutter Stock)

Lift dengan kapasitas 50 orang itu memiliki tinggi keseluruhan 335 meter, yang berjalan sampai puncak di ketinggian 326 meter. Tersedia tiga lift yang ketiganya bisa berjalan bersamaan. Untuk mencapai puncaknya, lift ini hanya memerlukan waktu sekitar dua menit saja. Tak heran jika Bailong Elevator masuk ke dalam Guinness World Records sebagai lift outdoor tertinggi, tercepat, dan terbesar di dunia.

Pembangunan lift yang dimulai pada 1999 dan dibuka untuk umum di tahun 2002 itu menghabiskan dana sekitar 20 dolar Amerika atau sekitar Rp 280 miliar. Sungguh harga yang setimpal dengan fungsi dan perannya yang sangat menguntungkan bagi wisatawan serta masyarakat sekitar.

Hal ini dikarenakan lift tersebut mampu mempersingkat waktu bagi pengunjung yang ingin menjelajahi hutan dan pegunungan setempat, tanpa harus tinggal di penginapan yang ada di sana. Bagi pengunjung yang tidak ingin melewati banyak anak tangga, lift ini juga sangat membantu.

Bailong Elevator (Foto: Shutter Stock)

Dari dalam lift pengunjung akan disuguhkan pemandangan Pegunungan Pandora atau yang dikenal dengan Hallelujah Mountains yang merupakan tempat syuting film Avatar. Tapi sebelum berkunjung ke sana, sebaiknya kamu mengecek kondisi cuaca terlebih dahulu.

Karena kalau musim hujan pemandangan di atas gunung cenderung berkabut, sehingga kamu tidak bisa melihat pemandangan yang begitu jelas.

Untuk bisa naik lift ini ,kamu harus membayar tiket seharga 72 yuan atau sekitar Rp 150 ribu untuk sekali jalan. Biasanya turis yang naik lift tidak hanya menikmati pemandangan sekitarnya, melainkan melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi hutan dan pegunungan yang ada di kawasan tersebut.

Tertarik untuk berkunjung?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33