kumparan
29 Jan 2019 7:51 WIB

Hotel di Swedia Gratiskan Kamar untuk Tamu yang Tak Gunakan Ponsel

Ilustrasi menggunakan media sosial (Foto: Pixabay)
'Cekrek', 'upload', tentunya sudah menjadi salah satu rutinitas yang tidak bisa kamu hindarkan saat traveling, terutama jika menginap di hotel dengan pemandangan yang apik atau berkunjung ke destinasi wisata yang menarik.
ADVERTISEMENT
Secara tidak langsung dan tanpa disadari, kamu mulai mengalami ketergantungan terhadap media sosial. Alhasil, meski waktu berliburmu digunakan untuk traveling, kamu malah terlalu banyak menghabiskan waktu menatap ponsel.
Dilansir Hotel Designs, pada tahun 2018, jumlah pengguna media sosial di dunia bahkan telah mencapai 3.196 miliar. Naik sekitar 13 persen dari tahun sebelumnya. Melihat hal ini, hotel di Swedia merancang sebuah teknologi terkini yang bisa menjauhkan tamu-tamunya dari media sosial yang ada dalam ponselnya.
Bermain gadget (Foto: Thinkstock)
Dengan teknologi ini, maka tamu hotel bisa mendapat waktu yang berkualiltas dan jauh dari tekanan yang berasal dari media sosial. Sehingga para tamu akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama orang terkasih atau melakukan aktivitas yang mereka inginkan.
ADVERTISEMENT
Dilansir Travel and Leisure, penginapan bernama Hotel Bellora yang berlokasi di Gothenburg itu membuat ruangan kamar khusus bernama The Check Out Suites yang dilengkapi dengan lampu pintar Skärmfri (screen-free). Lampu tersebut dapat mengukur besar biaya yang harus kamu bayar, berdasarkan jumlah waktu yang dihabiskan di media sosial.
Loading Instagram...
Lisa Höglund, Kepala Komunikasi di Länsförsäkringar, sebuah perusahaan asuransi Swedia yang bekerja sama dengan Hotel Bellora dalam wawancara dengan Hotel Designs menuturkan, bahwa teknologi lampu Skärmfri menjadi sebuah 'bantuan' menarik di dunia digital.
"Kami menggunakan lampu Skärmfri lebih jauh dan mengubah waktu (yang dihabiskan) menatap layar menjadi mata uang yang memberi imbalan kehidupan digital yang sehat," katanya.
Loading Instagram...
Lalu, bagaimana cara kerjanya? Tamu akan menghubungkan ponsel mereka ke lampu Skärmfri menggunakan WiFi kamar. Lampu kemudian akan menyala dan memancarkan cahaya berwarna putih dan mengukur waktu yang digunakan para tamu untuk menggunakan ponsel.
ADVERTISEMENT
Batasan maksimal yang dapat digunakan tamu untuk menggunakan ponsel saat menginap di kamar ini adalah 30 menit. Sesuai batas waktu yang disarankan untuk menggunakan ponsel sebagai alat rekreasi. Apabila tamu melewati batasan itu, lampu akan mulai menyala merah, dan artinya kamu harus membayar biaya penuh atas kamar itu.
Loading Instagram...
Sedangkan apabila kamu jarang menggunakan ponsel dan mengecek media sosial, maka biaya yang akan dikenakan untuk kamar yang kamu tempati akan jadi semakin murah. Lebih ekstrem lagi, kalau kamu sama sekali tidak menggunakan ponsel saat berada di hotel, kamu tak perlu membayar sepeser pun.
Menarik, ya, apalagi kalau kamu memang berniat untuk mengirit saat liburan. Gimana, tertarik menginap di hotel Swedia ini?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan