Pencarian populer

Ikuti 5 Tips Ini Sebelum Berpetualang ke Australia Menggunakan Caravan

Caravan (Foto: Pixabay)
Berencana pergi ke Australia, tetapi ingin merasakan sensasi berbeda? Mungkin kamu bisa berpetualang berkeliling Negeri Kanguru menggunakan caravan.
ADVERTISEMENT
Alternatif pilihan menarik ini akan memberikanmu kesempatan untuk bisa menikmati keindahan alam yang dilalui selama perjalanan. Nilai tambah lainnya, kamu bisa memangkas uang yang seharusnya digunakan untuk membayar penginapan.
Namun, sebelum menancapkan gas caravan, ada baiknya kamu harus memperhatikan 5 tips berikut :
1. Periksa Semua Bagian Caravan
Ilustrasi Bagian Dalam Caravan (Foto: Pixabay)
Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah memeriksa caravan. Lakukan pemeriksaan mesin secara menyeluruh dan pastikan caravan layak pakai.
Selain memeriksa mesin, kamu juga harus mengecek keadaan dalam kendaraan. Seperti memeriksa keadaan toilet, cek kondisi kran air, sofa, hingga kelengkapan peralatan di kamar tidur.
Bila caravan sudah oke, sekarang giliran kamu untuk menyiapkan surat-surat kendaraan dan surat izin mengemudi. Pastikan kamu sudah memiliki SIM yang masih aktif.
ADVERTISEMENT
2. Cek Cuaca
Ilustrasi Caravan di Cuaca Cerah (Foto: dok : Flickr / Walter Rafelsberger)
Setelah memeriksa kesiapan caravan, langkah selanjutnya adalah mengecek keadaan cuaca daerah yang akan kamu tuju. Jika cuaca memang sedang tidak menentu, ada baiknya kamu persiapkan semua kebutuhan saat cuaca dingin atau panas. Bawa kaus kesayanganmu dan jaket tebal guna antisipasi apabila cuaca mendadak menjadi dingin.
3. Bawa Barang yang Dibutuhkan
Caravan Sedang Menepi (Foto: dok : Flickr / Gustavo Vieira Dias)
Pastikan caravan terisi barang-barang penting, seperti makanan, P3K, alat-alat mekanik, ban cadangan, dan kebutuhan penting lainnya.
Jangan lupa untuk membawa alat navigasi yang berfungsi sebagai penunjuk arah. Pastikan juga smartphone kamu sudah dilengkapi berbagai aplikasi penunjang perjalanan, seperti informasi pom bensin, restoran, hingga tempat wisata.
Kamu juga harus menghindari membawa barang-barang yang tidak penting. Jangan sampai beban yang kamu bawa melebihi kapasitas, ya!
ADVERTISEMENT
4. Waspada Terhadap Hewan yang Melintas
Ilustrasi Caravan di Alam Bebas (Foto: dok : Flickr / Alexandra Grinter)
Mengendarai caravan berarti kamu harus siap 'hidup di jalan'. Kamu harus siap mengendarai mobil pada pagi, siang, atau malam hari.
Khusus pada pagi dan malam hari kamu harus lebih ekstra berhati-hati, karena pada waktu itu akan ada banyak hewan liar berkeliaran. Apabila berpapasan dengan kanguru, sapi, bahkan unta, segera injak rem dan bunyikan klakson, kemudian berkendara secara perlahan.
Selain memperhatikan hewan yang melintas, kamu juga dilarang menggunakan ponsel selama berkendara. Apabila tetap nakal, siap-siap membayar denda sebesar 400 dolar Australia atau sekitar Rp 4,1 juta.
5. Istirahat yang Cukup
Ilustrasi Kamar di Caravan (Foto: dok : Flickr / J Mark Dodds)
Walau harus berkendara tak kenal waktu, kamu tetap harus menjaga jam istirahatmu. Jangan memaksakan diri ketika kamu sudah lelah dan mengantuk. Jika sudah mengantuk, sebaiknya menepi di tempat yang aman dan tidur.
ADVERTISEMENT
Jadi, kapan berlibur menggunakan caravan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80