kumparan
24 Jul 2018 12:26 WIB

Istana Maimun, Salah Satu Istana Terindah dan Termegah di Indonesia

Istana Maimun (Foto: Flickr/Izmirazi Portal)
Selain punya alam berupa Danau Toba, Sumatera Utara juga memiliki wisata sejarah yang tak kalah seru, seperti Istana Maimun. Ya, salah satu istana terindah di Indonesia tersebut beada di Jalan Sultan Ma'moen Al Rasyid, Medan.
ADVERTISEMENT
Istana Maimun dibangun pada 1888 oleh Raja ke-9 Kesultanan Deli. Namun, istana ini baru diresmikan pada 18 Mei 1891.
Terdiri dari 2 lantai, serta terdapat 30 ruangan di atas lahan seluas 2.772 meter persegi, Istana Maimun berdiri dengan memadukan gaya Melayu, Belanda, Spanyol, Turki, India, dan Italia.
Interior Istana Maimun. (Foto: Flickr/Slilin)
Pengaruh Timur Tengah terlihat dari bagian atapnya yang menyerupai perahu terbalik. Sementara itu, sentuhan Eropa terlihat pada lampu, meja, pintu, dan jendela yang berukuran lebar, yang identik dengan bangunan khas Eropa. Sedangkan pengaruh Belanda terlihat dari marmer prasasti di depan tangga yang bertulisan bahasa Belanda.
Uniknya, istana ini didominasi oleh warna kuning yang mengelilingi seluruh sisi bangunan. Warna kuning dianggap sebagai warna kebesaran Kerajaan Deli di Sumatera Utara, sekaligus melambangkan warna Melayu.
ADVERTISEMENT
Dominasi warna kuning pada Istana Maimun. (Foto: Flickr/Mohd Azil Abdul Malek)
Bangunan istana sendiri terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian utama dan dua lagi di sayap kiri dan kanan. Pada bagian utama ada ruangan besar yang dahulu digunakan untuk kegiatan adat kerajaan.
Kini, ruangan tersebut digunakan untuk melihat berbagai koleksi peninggalan kerajaan, seperti kursi, meja, dan lemari. Ada pula foto-foto kerajaan sultan, perabotan rumah tangga Belanda kuno, dan berbagai jenis senjata.
Singgasana Raja di Istana Maimun. (Foto: Flickr/Mohd Azil Abdul Malek)
Selain itu, wisatawan juga bisa melihat sebuah meriam. Meriam bernama meriam Puntung ini kabarnya merupakan jelmaan dari Mambang Khayali, adik Putri Hijau dari Kerjaan Deli Tua.
Bagi wisatawan yang gemar mengabadikan momen, bisa menyewa pakaian adat di sini. Mereka bisa berpose layaknya raja dan ratu Melayu di dalam istana.
ADVERTISEMENT
Tertarik untuk berkunjung ke Istana Maimun?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan